10 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Dibawah 1 Juta


Peluang Usaha Dengan Modal Kecil | Saat seseorang memutuskan untuk membuka suatu usaha atau bisnis, mereka biasanya berpendapat bahwa usaha atau bisnis tersebut harus dimulai dengan modal yang besar. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Untuk memulai suatu usaha atau bisnis Anda tidak harus memiliki modal puluhan atau ratusan juta terlebih dahulu. Karena dengan modal yang minim Anda sudah bisa membuka usaha dengan potensi keuntungan yang lumayan.

Peluang usaha modal kecil

Untuk Anda yang memiliki modal minim dan berkeinginan untuk memulai usaha, Anda dapat menjadikan ulasan di bawah ini sebagai bahan referensi. Peluang usaha dengan modal kecil ini dapat Anda mulai hanya dengan modal di bawah 1 jutaan.

Peluang Usaha Dengan Modal Kecil 1 Jutaan

1. Membuka usaha konter pulsa kecil-kecilan

Konter pulsa merupakan bisnis lama yang tidak ada matinya. Di zaman yang serba smartphone saat ini, hampir mustahil bila pemiliknya tidak membutuhkan pulsa, baik pulsa reguler maupun pulsa paket data. Bahkan di desa sekalipun sudah banyak orang yang memiliki smartphone canggih.

Anda bisa memulai bisnis konter pulsa ini dengan menggunakan lahan yang ada di rumah, misalnya di halaman atau teras rumah. Untuk etalase Anda bisa mencari yang bekas, sebagai contoh kami telusuri di situs OLX etalase bekas ukuran 1 meter 4 susun dijual seharga Rp 450.000. Bila beruntung Anda bisa mendapatkan yang lebih murah lagi.

Untuk deposit pulsa elektrik, Anda bisa mulai dengan modal Rp 100 – 300 ribuan, bahkan ada agen yang menawarkan deposit pulsa elektrik minimal Rp 10.000 saja. Untuk kartu perdana murah, Anda bisa mencari di Bukalapak, atau yang lainnya.



2. Membuka usaha warung gorengan sederhana

Membuka warung gorengan adalah salah satu usaha yang membutuhkan modal minim. Bila Anda tinggal di wilayah padat penduduk, maka usaha ini sangat cocok. Hampir setiap orang menyukai gorengan, seperti pisang goreng, bakwan, tahu isi, singkong goreng dan lainnya.

Anda bisa membuka warung sederhana di halaman atau teras rumah, meminta ijin berjualan di teras rumah tetangga juga memungkinkan. Yang perlu Anda siapkan antara lain meja ukuran sedang, kompor gas, tabung gas, minyak goreng, bahan baku, peralatan menggoreng, nampan, dan peralatan pendukung lainnya.

Dengan modal di bawah 1 juta, Anda sudah bisa membuka usaha ini. Murah dan menarik bukan ?

3. Jualan makanan ringan atau camilan

Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Makanan Ringan

Keripik kentang.

Usaha makanan ringan ini termasuk peluang usaha dengan modal kecil, perputaran uangnya juga cepat. Meskipun sudah banyak orang yang memulai bisnis serupa, peluang masih tetap ada, Anda hanya perlu mengubah strategi pemasaran yang kreatif untuk menarik minat pembeli.

Beberapa jenis makanan ringan yang laku dipasaran antara lain, makaroni pedas, keripik singkong aneka rasa, keripik pisang, keripik talas, kacang telur, kerupuk ikan, mie lidi, dan lainnya. Anda bisa membuatnya dan memberi merk sendiri, atau bisa juga bekerja sama dengan produsen makanan ringan yang ada disekitar Anda.

Strategi pemasaran yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan media sosial, menjual langsung kepada teman dan kenalan, bisa juga menitipkan ke warung-warung atau kedai kopi disekitar tempat tinggal Anda.

Baca juga: Menguntungkan, Peluang Usaha Kuliner Berbahan Dasar Pisang

4. Usaha jualan kaos pre-order

Anda suka membuat desain kaos ? Usaha ini cocok untuk Anda, modal yang dibutuhkan juga minim. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari vendor kaos yang memberi harga bersaing dengan kualitas bagus. Setalah itu Anda dapat mempromosikan desain kaos melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Saat ada pesanan, Anda tinggal menghubungi vendor kaos untuk proses produksi, setelah jadi Anda dapat mengirimkan ke alamat pembeli. Syarat utama usaha ini adalah desain yang Anda buat harus menarik, carilah informasi desain kaos seperti apa yang sedang tren.

Apabila desain kaos Anda banyak peminat, seiring berjalannya waktu Anda bisa membuka toko dan menjalankan proses produksi sendiri. Bisnis kaos pre-order ini pernah kami jalani pada tahun 2010 – 2013 lalu, dan hasilnya cukup memuaskan.

5. Membuat usaha kerajinan tangan

Peluang usaha dengan modal kecil kerajinan tangan

Usaha ini dapat dilakukan apabila Anda memiliki kreatifitas dan ketrampilan. Banyak sekali contoh orang yang sukses dari usaha ini. Jenis kerajinan tangan yang akan dibuat dapat disesuaikan dengan keahlian dan minat Anda. Anda hanya perlu mencari bahan baku untuk kerajinan yang ingin dibuat, seperti kulit, bambu, rotan, kayu, kain flanel, manik-manik, atau bahan lainnya.

Anda juga dapat menggunakan barang-barang bekas untuk menekan modal awal. Untuk pemasaran dapat dilakukan melalui media sosial, atau bekerjasama dengan pemilik toko kerajinan dengan menitipkan hasil kreasi Anda.

Carilah informasi terlebih dahulu jenis kerajinan apa yang paling laku di pasaran. Bila sedang membutuhkan inspirasi, Anda dapat mencari tutorial kerajinan tangan yang banyak tersedia di Youtube.

6. Peluang usaha dengan modal kecil, membuka kedai kopi sederhana



Membuka kedai kopi membutuhkan modal yang minim, Anda dapat memulainya dengan modal kurang dari 1 juta. Lokasi yang bisa dipilih adalah dipinggir jalan, di depan ruko yang kosong pada malam hari (lebih baik bila mendapat ijin pemilik ruko), atau bisa juga di halamann atau teras rumah bila memungkinkan.

Konsep yang bisa Anda gunakan adalah berupa lesehan atau warung duduk yang menjual aneka macam snack dan minuman utama kopi yang bisa bikin melek.

Kebutuhan perlengkapan yang harus Anda siapkan untuk membuka usaha ini termasuk banyak, namun harganya tidaklah mahal.

Baca juga: 3 Peluang Usaha Kuliner Berbahan Dasar Daging Ayam

7. Membuka usaha jualan kue basah atau jajan pasar

Usaha ini cocok dikerjakan oleh ibu rumah tangga. Anda bisa menggunakan halaman atau teras rumah untuk membuka usaha ini. Ada dua konsep bisnis yang bisa Anda terapkan, pertama dengan membuat sendiri kue basah yang akan dijual, tentu saja Anda membutuhkan keterampilan dan keahlian dalam membuat kue basah.

Kedua, Anda bisa mencari produsen kue basah dan menawarkan kerjasama agar mereka mau menitipkan kue basah mereka, jadi Anda hanya perlu menjualkan kue basah mereka saja. Keuntungan didapatkan melalui bagi hasil dari total kue yang terjual, atau sesuai kesepakatan dengan produsen.

Peluang usaha dengan modal kecil ini bisa Anda mulai dengan modal di bawah 1 juta.

8. Menerima pesanan kue

Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Kue Manis

Peluang usaha dengan modal kecil | Usaha ini cocok bagi Anda yang suka membuat kue, akan lebih cocok lagi apabila kue buatan Anda rasanya enak. Pertama-tama Anda dapat menawarkan kue yang ke-teman kerja atau tetangga. Bisa juga dengan menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram dengan target pembeli di wilayah yang sama dengan Anda, misalnya di kota, kecamatan atau kabupaten yang sama.

Dengan modal dibawah 1 juta sudah cukup untuk membeli bahan baku kue, untuk oven tradisional Anda dapat membeli yang bekas dengan harga murah.

Apabila sudah mendapatkan pengakuan dari banyak pembeli, Anda dapat melebarkan usaha agar menjadi lebih besar lagi. Menarik bukan ?




9. Menjadi reseller atau agen kecil-kecilan

Ingin berjualan tapi tidak punya barang, ingin punya barang untuk dijual tapi tidak punya modal. Beberapa orang dari Anda pasti pernah merasakan dilema tersebut. Tapi tidak perlu bingung lagi, karena Anda bisa “mengakali” dilema tersebut dengan menjadi reseller atau agen kecil-kecilan. Apa saja langkah yang dibutuhkan ?

Pertama, Anda harus menentukan barang apa saja yang ingin dijual, cari informasi barang apakah yang laku saat ini. Mencari informasi seperti ini tidaklah sulit, manfaatkan media sosial dan media berita yang populer.

Kedua, susunlah strategi pemasaran yang menurut Anda cocok, serta carilah target pasar yang sesuai, target pasar yang salah dapat mengakibatkan barang tidak laku. Sebagai gambaran, jangan menjual barang yang disukai anak muda ke orang tua.

Ketiga, carilah produsen atau suplier disekitar Anda, carilah yang menawarkan harga yang bersaing dan memiliki kualitas yang bagus. Setelah itu tawarkanlah kerjasama kepada pemilik, sampaikan niat Anda dengan baik dan jelas.

Sesuai dengan sub judul “kecil-kecilan” maka dengan modal dibawah 1 juta Anda sudah bisa memulai usaha ini. Setelah uang berputar dan modal cukup, Anda dapat mengembangkannya ke tahap yang lebih besar.

10. Menjadi Endorser

Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Endorser

Bila Anda memiliki akun instagram dengan banyak follower, Anda dapat memulai usaha menjadi endorser. Akan lebih sempurna lagi bila Anda memiliki penampilan menarik atau memiliki keahlian dalam mempromosikan barang dan jasa.

Sebagai strategi awal, Anda bisa menawarkan jasa endorse tanpa meminta bayaran. Setelah mendapatkan banyak respon bagus, barulah Anda bisa menetapkan tarif endorse.

Bagi endorser yang sudah cukup dikenal, mereka biasanya menetapkan tarif antara Rp 250.000 – Rp 1 juta. Bila sudah berpengalaman dan terkenal, tarif jasa bisa lebih mahal lagi.


Sebenarnya selain 10 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil di atas, masih banyak peluang lain yang membutuhkan modal minim. Kami akan mengulas peluang tersebut di lain kesempatan. Semoga artikel ini dapat memberi Anda inspirasi untuk memulai usaha. Semoga bermanfaat. Salam sukses.



Total: 1 voters

Comments(2)

    • 09/07/2018

Leave a Comment