4 Fakta Infeksi HIV yang Harus Anda Ketahui


4 Fakta Infeksi HIV yang Harus Anda Ketahui – HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan jenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. HIV membunuh jenis sel kekebalan tertentu yang disebut sel T CD4, akibatnya kita rentan mengalami infeksi dan kanker.



Sampai sekarang HIV tidak bisa disembuhkan, pengobatan yang ada saat ini hanya bisa digunakan untuk memperlambat perkembangan penyakit. Namun, pengobatan ini cukup efektif karena bisa memperpanjang usia hidup penderita HIV dan mereka bisa menjalani pola hidup yang sehat.

Untuk menambah pemahaman, berikut ini adalah 4 fakta infeksi HIV yang harus Anda ketahui, dikutip dari situs National Geographic Indonesia:

Fakta Infeksi HIV yang Harus Anda Ketahui

Ilustrasi Virus. (Foto: Internet)

1. Sunat menurunkan risiko terinfeksi HIV

HIV setidaknya perlu dua reseptor khusus (CD4 dan kemokin) untuk masuk ke dalam sel. Dan dari semua triliunan sel di tubuh, hanya jenis sel tertentu yang memiliki reseptor tersebut. Salah satunya disebut sel dendritik. Kulup penis yang tidak disunat memiliki banyak sel dendritik yang dapat terinfeksi HIV.

2. Tidak memiliki gejala bukan berarti bebas HIV

Seseorang dapat hidup dengan HIV selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun tanpa mengetahui bahwa mereka terinfeksi. Beberapa orang yang terinfeksi HIV memang ada yang merasa seperti flu, pilek, tapi ada juga yang tidak merasa sama sekali. Karena itu, penting untuk menguji HIV. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan setiap orang yang berusia 13-64 mendapat tes HIV setidaknya sekali dalam hidup mereka.




Baca juga: Kenali Lebih Jauh Resiko dan Efek Samping Obat Penyubur Kandungan

3. Infeksi menular seksual (IMS) meningkatkan risiko penularan

Mengidap IMS lain, seperti kencing nanah, klamidia, sifilis, HPV, atau herpes, meningkatkan risiko HIV. Bahkan, jika tidak memiliki luka atau gejala yang terlihat, IMS dapat meningkatkan peradangan, meningkatkan jumlah sel yang dapat ditargetkan HIV. Orang yang terinfeksi HIV memiliki risiko menginfeksi orang lain lebih besar, karena peningkatan konsentrasi HIV dalam cairan mani atau kelamin.

4. HIV memiliki banyak cara untuk menginfeksi

Seks anal dan vaginal adalah dua cara utama penularan HIV. Namun, keduanya bukan satu-satunya cara penularan. Memang, berbagi sendok, tempat duduk toilet, berjabat tangan, atau berciuman tidak akan menularkan HIV. Namun, segala jenis transmisi darah atau cairan tubuh, seperti tato, berbagi jarum suntik, seks oral, dan bahkan dari ibu ke anak adalah mungkin. Meskipun risikonya jauh lebih rendah.

Baca juga: 5 Jenis Makanan ini Berbahaya bagi Kesehatan Otak Anda



Total: 0 voters
Tags: ,

Leave a Comment