5 Makanan Terbaik untuk Berbuka Puasa, Kurma Nomor Satu


5 Makanan Terbaik untuk Berbuka Puasa, Kurma Nomor Satu | Momen berbuka saat berpuasa adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu. Diwaktu inilah banyak orang yang lupa diri, karena lapar mereka langsung berbuka dengan makanan yang sulit dicerna. Padahal saat berbuka makanan pertama yang dianjurkan adalah yang mudah dicerna.

Saat berpuasa kita akan merasa lemas karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan sehingga energi berkurang. Oelh sebab itu sangat dianjurkan untuk berbuka dengan makanan yang mudah dicerna, agar tubuh cepat mendapatkan energi kembali.





Berikut ini adalah 5 makanan terbaik untuk berbuka puasa:

1. Kurma

Kurma adalah salah satu makanan terbaik untuk berbuka puasa. Orang yang berbuka puasa dianjurkan untuk menyantap kurma terlebih dahulu, kurma kaya akan kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa dengan kadar kalori rendah. Fruktosa adalah salah satu jenis gula alami yang baik untuk tubuh dan sebagai sumber energi.

Kurma juga kaya akan kandungan kalsium, magnesium, kalium, natrium, fosfor, vitamin A, vitamin B12, vitamin B2, serat, dan antioksidan yang baik untuk sistem pencernaan, fungsi otak, kesehatan tulang, dan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, kandungan garam pada Kurma juga amat bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman dalam darah. Kurma juga memiliki potensi untuk mengendalikan kadar gula darah karena memiliki indeks glikemiks yang rendah sehingga aman dikonsumsi untuk pasien diabetes.

Makanan Terbaik untuk Berbuka Puasa

Baca juga: 5 Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan Tubuh

2. Madu

Madu memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang mudah diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang. Madu juga kaya akan kandungan mineral yang baik untuk tubuh seperti kalium, kalsium, natrium, magnesium, zat besi, phosphor, sulfur dan mangan.

Madu juga mengandung banyak antioksidan tanpa lemak atau protein sehingga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya peradangan dan menjaga tekanan darah tetap normal. Madu juga dapat melancarkan metabolisme dan mengatasi gangguan pencernaan.

3. Buah-buahan

Buah-buahan sangat mudah dicerna usus, karena itu berbuka puasa dengan memakan buah sangat dianjurkan. Buah-buahan juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi dehidrasi setelah berpuasa satu hari penuh. Contoh buah yang baik untuk berbuka adalah pisang.



Pisang adalah makanan terbaik untuk berbuka puasa karena memiliki kandungan serat dan gula, seperti glukosa, fruktosa, sukrosa bisa jadi pendongkrak energi. Pisang juga mampu membuat kenyang lebih lama dan tentunya sehat untuk pencernaan karena teksturnya yang lembut. Pisang memiliki kandungan kalium yang dapat membantu tubuh menurunkan tekanan darah.

Pilihan buah lainnya untuk berbuka puasa adalah apel, pepaya, melon, anggur dan lain sebagainya.

4. Telur

Telur sangat baik untuk menu berbuka puasa. Selain mudah dalam penyiapan dan penyajiannya, telur sangat mudah dicerna dan mengandung protein yang sangat tinggi. Di dalam satu butir telur terkandung 6 gram protein dan 9 macam asam amino.

Cara terbaik untuk memasak telur untuk berbuka adalah dengan direbus. Hindari memasak dengan cara menggoreng, karena makanan yang digoreng kurang sehat bila dijadikan makanan untuk berbuka puasa.

Baca juga: 5 Jenis Makanan ini Berbahaya bagi Kesehatan Otak Anda

5. Ikan

Ikan dianjurkan dimakan saat berbuka sebagai lauk pendamping nasi dan sayur. Ikan banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, hal itu karena daging ikan mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, antioksidan, protein hewani, vitamin D dan B2 serta sejumlah mineral.

Kandungan pada omega 3 (EPA dan DHA) pada ikan membuat pertumbuhan sel saraf otak dengan baik, melancarkan peredaran darah, menjaga keseahtan jantung, mencegah peradangan, menjaga organ penglihatan dan baik untuk tulang.

Artikel 5 Makanan Terbaik untuk Berbuka Puasa di atas kami rangkum dari banyak sumber.






Total: 0 voters

Leave a Comment