5 Promo yang Merajai Mesin Pencarian di Bulan Ramadhan


5 Promo yang Merajai Mesin Pencarian di Bulan Ramadhan. Selama bulan Ramadhan masyarakat Indonesia cenderung lebih konsumtif karena ada beberapa kebutuhan yang bertambah dibandingkan bulan lainnya. Misalnya kebutuhan untuk membeli makanan berbuka puasa (takjil), acara buka bersama dengan teman atau keluarga, dan membeli kue serta pakaian untuk menyambut Idul Fitri.



Menurut Industry Analyst Google Indonesia, peningkatan kebutuhan selama Ramadhan membuat masyarakat rajin berburu informasi promo di mesin pencari Google. Pencarian promo dimulai seminggu menjelang Ramadhan, lalu peak-nya pertama kali pada minggu pertama Ramadahn. Peak kedua ada di minggu ketiga Ramadhan. Secara total ada peningkatan 40% untuk pencarian informasi promo dibandingkan hari-hari reguler.

5 Promo yang Merajai Mesin Pencarian di Bulan Ramadhan

Pencarian terbanyak pertama adalah ritel dan bahan makanan. Masyarakat cenderung mencari promo belanja di supermarket dan minimarket untuk meminimalisir pengeluaran.

Percarian terbanyak kedua adalah travel. Masyarakat mulai berburu promo tiket kereta dan pesawat sejak jauh-jauh hari menjelang Idul Fitri. Selain menghindari lonjakan harga tiket, juga mengantisipasi kehabisan tiket.



Percarian terbanyak ketiga adalah gadget dan telekomunikasi. Masyarakat berburu promo paket video streaming dan paket data lainnya agar tak “mati gaya”. Meski lapar, setidaknya masih bisa menikmati hiburan-hiburan yang tersedia di ranah maya.

Percarian terbanyak ke-empat adalah e-commerce. Masyarakat berbondong-bondong mencari promo-promo belanja online via Google Search, misalnya untuk membeli baju koko, mukenah, dan sebagainya.

Percarian terbanyak kelima adalah kartu kredit. Meski jumlah pengguna kartu kredit belum terlalu banyak, tetapi mereka rajin mencari promo-promo yang disediakan penyedia kartu kredit selama bulan Ramadhan.

Sumber: Kompas Tekno




Total: 0 voters

No Responses

Leave a Comment