5 Tips Agar Barang Bawaan Tidak Hilang Saat Pergi Liburan


Tips Agar Barang Bawaan Tidak Hilang Saat Liburan | Bingung, itulah yang dialami seseorang ketika kehilangan barang bawaan, apalagi waktu pergi berlibur. Momen liburan yang seharusnya menyenangkan malah berubah menjadi berantakan. Bahkan banyak dari mereka merasa menyesal karena didalam koper atau tas yang hilang terdapat barang berharga yang dibutuhkan.

Barang bawaan sering hilang saat berada diperjalanan, entah itu karena kurang teliti dan lupa sehingga barang tertinggal, atau karena tak sengaja tertukar dengan barang orang lain di bandara atau bagasi.

Selain harus ekstra hati-hati, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hilangnya barang bawaan. Berikut ini adalah tips yang dapat digunakan untuk mencegah kehilangan barang saat bepergian atau berlibur yang kami kutip dari situs Cermati.com – Selamat membaca.

Barang bawaan aman saat liburan

5 Tips Agar Barang Bawaan Tidak Hilang dan Aman

1. Bungkus koper menggunakan plastik warp

Membungkus koper menggunakan plastik warp adalah salah satu cara untuk mencegah barang hilang. Koper yang terbungkus akan membuat orang lain berfikir dua kali untuk membukanya. Saat koper sudah keluar dari bagasi pesawat dan plastik pembungkus masih rapat, Anda akan merasa yakin bahwa barang didalamnya aman. Apabila terdapat kerusakan pada plastik warp, Anda harus curiga bahwa ada kemungkinan koper sudah dibuka oleh orang lain. Langkah yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah melaporkan ke pihak bandara.

2. Gunakan koper yang memiliki bahan dan kunci yang kuat

Bila barang bawaan Anda sangat banyak, pilihlah koper dengan kapasitas besar dan memiliki material kuat. Jangan pernah menggunakan koper untuk membawa barang melebihi kapasitasnya. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada koper, apabila koper jebol maka dapat dipastikan barang bawaan akan tercecer. Hal penting lainnya adalah memastikan bahwa koper harus Anda beri kunci/gembok berkualitas agar tidak dibuka orang lain.

3. Gunakan lakban atau selotip kuat untuk melilit koper

Cara ini mirip dengan membungkus menggunakan plastik warp, namun lebih kuat dan lebih sulit untuk dibuka pencuri. Kekurangan cara ini adalah Anda membutuhkan cukup banyak lakban atau selotip, apalagi bila koper yang dibawa lebih dari satu. Biaya yang dikeluarkan juga lebih banyak dibandingkan dengan plastik warp. Koper yang dililit dengan lakban ini akan menyulitkan orang lain untuk membukanya, karena mereka harus merusak lapisan lakban terlebih dahulu. Anda bisa mengetahui barang bawaan aman atau tidak dengan memeriksa lilitan lakban tersebut.



4. Manfaatkan jasa pengiriman barang

Menggunakan jasa pengiriman barang adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan agar barang Anda aman. Karena apabila terjadi kerusakan atau kehilangan maka pihak jasa pengiriman yang akan menanggung dan memberi ganti rugi. Cara ini efektif digunakan ketika Anda pulang dari liburan. Kelebihan lain jika menggunakan cara ini adalah Anda tidak perlu capek-capek membawa barang bawaan. Barang pun akan diantarkan langsung ke alamat rumah Anda.

5. Jangan ragu menggunakan jasa asuransi bagasi

Menggunakan cara ini memang tidak menjamin keamanan barang hingga 100%. Namun setidaknya Anda akan merasa lebih aman dan nyaman saat diperjalanan. Apabila tetap terjadi kehilangan, maka pihak asuransi akan memberikan ganti rugi kepada Anda. Hal ini dapat meminimalisir kerugian yang Anda alami.

Lalu apa yang harus Anda lakukan jika barang bawaan hilang atau mengalami kerusakan ?

♦. Ambil foto pada koper atau barang bawaan yang mengalami kerusakan, akan lebih baik apabila Anda mengambil foto saat koper belum masuk bagasi pesawat. Sehingga ada foto yang bisa digunakan sebagai perbandingan.

♦. Laporkan kepada pihak bandara dengan membawa foto koper sebelum dan setelah mengalami kerusakan sebagai bukti. Pihak bandara akan melakukan penyelidikan untuk mencari oknum atau pelakunya.

♦. Sebaiknya lakukan pengecekan menyeluruh pada semua koper dan barang bawaan sebelum meninggalkan bandara. Standar Operasional Prosedur (SOP) maskapai atau bandara biasanya tidak menerima komplain apabila Anda sudah meninggalkan bandara.

Demikian tips agar barang bawaan tidak hilang saat pergi liburan yang bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.






Total: 0 voters

No Responses

Leave a Comment