6 Makanan Penyebab Diabetes yang Harus Anda Ketahui


6 Makanan Penyebab Diabetes yang Harus Anda Ketahui | Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang menyebabkan tubuh mengalami gangguan dalam mengatur gula darah. Penyebab diabetes antara lain adalah kurangnya produksi insulin oleh pankreas, kurangnya respon tubuh terhadap insulin, dan adanya pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin.

Fungsi utama hormon insulin adalah membuat glukosa lebih mudah untuk diserap oleh sel-sel tubuh sehingga menurunkan kadar gula dalam aliran darah. Namun, jika Anda mengalami gangguan fungsi pankreas hingga jumlah produksi insulin, maka kadar gula dalam darah akan terus meningkat.

Makanan Penyebab Diabetes

Anda yang menderita penyakit diabetes harus menjaga pola makannya dengan baik. Batasilah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Makanan tinggi karbohidrat akan segera diubah tubuh menjadi gula darah. Semakin banyak karbohidrat yang dikonsumsi, maka akan semakin tinggi gula darah dalam tubuh.



Selain makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi, sebaiknya Anda juga mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak trans dan makanan tinggi kalori. Berikut ini adalah makanan penyebab diabetes yang harus Anda batasi agar gula darah tidak naik drastis.

6 Makanan Penyebab Diabetes yang Harus Anda Ketahui

1. Nasi putih

Nasi putih merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Sayangnya, nasih putih paling banyak dikonsumsi orang Indonesia, Oleh sebab itu, jangan lupakan asupan nutrisi lainnya demi membentuk pola makan gizi seimbang.

Sebaiknya kombinasikan berbagai jenis makanan, seperti protein, serat, dan lemak dalam sekali makan. Hal ini akan membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dan mengurangi peningkatan kadar gula darah.

2. Roti putih

Roti putih adalah makanan yang terbuat dari tepung halus dan mengandung banyak karbohidrat. Tepung termasuk makanan yang dapat diolah tubuh dengan cepat, sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Sebagai alternatif, Anda dapat mengonsumsi roti gandum untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Baca juga: 5 Jenis Makanan ini Berbahaya bagi Kesehatan Otak Anda

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji pada umumnya memiliki banyak lemak, garam, dan kalori yang dapat meningkatkan berat badan. Makanan cepat saji juga rendah nutrisi. Penderita diabetes sebaiknya menghindari makanan cepat saji ini agar berat badan tidak naik, karena berat badan yang berlebih justru akan memperparah penyakit diabetes.




4. Daging merah dan daging olahan

Anda yang menderita diabetes sebaiknya membatasi konsumsi daging merah dan daging olahan, karena mengandung lemak jenuh. Sebuah penelitian menemukan, bahwa orang yang setiap hari mengonsumsi daging olahan, dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga dua kali lipat.

Sebagai pengganti daging merah dan daging olahan Anda bisa mencoba makanan sumber protein lain yang lebih sehat, seperti produk susu rendah lemak.

5. Makanan kemasan merupakan makanan penyebab diabetes

Makanan kemasan cenderung mengandung tinggi lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga bisa meningkatkan risiko diabetes. Terutama, jika makanan kemasan tersebut banyak mengandung gula, seperti cokelat atau permen.

Baca juga: Berapa Banyak Kalori yang Dibutuhkan Anak Setiap Harinya ?

6. Soda dan minuman manis lain

Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi minuman soda 1-2 kali per hari, 26 persen lebih berisiko mengalami diabetes tipe 2. Jus buah yang dijual bebas dalam kemasan juga banyak yang mengandung gula dan kalori.

Selain itu, minuman olahraga memang mengandung natrium dan kalium yang membantu memulihkan cairan dan elektrolit. Namun di dalamnya juga mengandung karbohidrat yang tidak dibutuhkan. Lebih baik mengganti minuman-minuman manis itu dengan air mineral.

Makanan Penyebab Diabetes. Sumber: Kompas



Total: 0 voters

No Responses

Leave a Comment