7 Tips Merawat Laptop Supaya Awet Hingga 5 Tahun


Tips Merawat Laptop | Zaman sekarang laptop merupakan alat atau perangkat yang berperan penting dalam memudahkan pekerjaan manusia. Dahulu mungkin hanya orang-orang tertentu saja yang menggunakan laptop, bandingkan dengan sekarang yang anak sekolah dasar pun sudah ada yang bisa menggunakannya, meskipun hanya untuk melihat kartun di youtube, he..he..he..

Karena berfungsi sebagai salah satu perangkat vital dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, sedikit kerusakan dan gangguan pada laptop akan menyebabkan pekerjaan selesai lebih lama dan performa laptop menurun. Kerusakan dapat terjadi pada perangkat lunak (software) maupun fisik bagian luar laptop.

Tips Merawat Laptop

Perawatan adalah kunci paling penting untuk membuat laptop awet dan bertahan hingga bertahun-tahun. Perawatan yang kurang akan menyebabkan laptop cepat rusak, bahkan tidak sampai 2 tahun dari waktu pembelian. Cara merawat laptop yang baik dan benar dapat membuatnya bertahan lebih dari 5 tahun. Lalu apa saja tips merawat laptop yang harus dilakukan ? Simak ulasannya dibawah ini. Selamat membaca.

7 Tips Merawat Laptop Agar Bertahan Hingga 5 Tahun Lebih !

1. Selalu update Anti Virus versi terbaru dan rutin melakukan scan menyeluruh

Virus dan malware adalah biang kerok yang membuat kinerja laptop menjadi lambat. Tidak jarang virus dan malware ini menyebabkan kerusakan sistem yang parah sehingga membuat Anda mengeluarkan biaya mahal untuk memperbaikinya. Untuk mencegah hal ini, Anda wajib melakukan update pada Anti Virus dengan versi terbaru. Dengan begitu laptop akan terlindungi dari infeksi virus dan malware. Anda juga harus melakukan scan menyeluruh pada laptop untuk membersihkan virus dan malware yang tersembunyi di dalam sistem. Untuk Anda pengguna windows versi original dapat mengandalkan windows defender sebagai pelindung. Laptop akan aman dari serangan virus dan malware dengan catatan Anda rutin melakukan update.

2. Bersihkan laptop dari file-file sampah

Setelah pemakaian selama berbulan-bulan maka laptop dapat mengalamai penurunan performa. Salah satu penyebabnya adalah file-file sampah atau cache yang menumpuk di dalam hard disk. Untuk mencegahnya Anda perlu melakukan pembersihan secara rutin, misalnya setiap selesai menggunakan laptop. Anda dapat melakukan perbersihan ini menggunakan software yang banyak terdapat di internet. Banyak software bagus dan gratis yang memiliki fitur pembersih cukup lengkap seperti Ccleaner.

3. Hapus file-file yang sudah tidak terpakai

Penuhnya kapasitas pada hard disk merupakan salah satu penyebab turunnya performa laptop. File-file video, film, dan foto yang berukuran besar menyebabkan hard disk penuh sesak. Hard disk yang hampir penuh biasanya memiliki indikator berwarna merah. Untuk mengatasi masalah ini Anda harus menghapus sebagian file-file tersebut, sebagai contoh Anda dapat menghapus film-film lama yang tidak menarik lagi. Solusi lain yang bisa Anda terapkan adalah memindahkan file-file tersebut ke dalam hard disk eksternal. Menggunakan layanan cloud storage seperti Google Drive juga bisa dilakukan.



4. Bersihkan bagian luar laptop dari debu

Menjaga kebersihan bagian luar laptop meskipun terlihat sepele namun dapat membuatnya tampak bersih seperti baru. Rutinlah membersihkan bagian layar agar tidak ada debu yang menempel. Jangan lupa untuk membersihkan bagian keyboard, karena debu dan kotoran yang berasal dari tangan pasti akan menempel pada bagian ini. Bagian paling penting yang harus dijaga dari tumpukan debu dan kotoran adalah lubang sirkulasi udara. Bila bagian ini tertutup debu atau kotoran maka udara panas tidak dapat keluar sempurna dan dapat menurunkan performa laptop.

5. Letakkan laptop di tempat datar saat digunakan

Saat laptop dalam keadaan menyala baik digunakan atau tidak, jangan meletakkannya di permukaan yang tidak rata seperti di atas kasur. Karena hal ini dapat menyebabkan sirkulasi udara pada badan laptop kurang optimal akhirnya membuat suhu laptop meningkat. Sirkulasi udara sangat penting untuk menjaga temperatur mesin laptop agar tidak terlalu tinggi.

Baca juga: Tips Aman Agar Password Tidak Mudah Dibobol Hacker

6. Gunakan kipas pendingin (coolpad)

Kipas pendingin dapat membantu melancarkan sirkulasi udara pada laptop. Temperatur mesin laptop akan terjaga dan membuatnya berumur panjang. Umumnya kipas pendingin ini berupa alas yang dilengkapi satu atau dua kipas dan dipasang dibagian bawah laptop. Gunakan kipas pendingin yang pas, tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

7. Jangan menutup layar saat kondisi laptop panas

Saat laptop baru selesai digunakan seringkali ada bagian yang masih panas, untuk itu sebisa mungkin hindari menutup layar laptop, karena panas ini dapat merusak bagian layar. Meskipun jarang terjadi, namun ada beberapa kasus dimana warna layar laptop menjadi cacat atau berwarna gelap seperti gosong akibat panas dari badan laptop. Meskipun belum 100% terbukti, ada baiknya untuk menunggu beberapa menit sebelum menutup layar laptop yang baru digunakan.

Demikian ulasan tips merawat laptop agar dapat bertahan dan berumur panjang. Semoga bermanfaat dan terimakasih.






Total: 0 voters

Comments(5)

  1. 24/06/2018
  2. 11/07/2018
    • 11/07/2018
      • 14/07/2018

Leave a Comment