Berapa Jumlah Kata Dalam Artikel Agar SEO Friendly?


Jumlah kata pada artikel adalah faktor penting yang mempengaruhi peringkat sebuah website pada mesin pencari. Semakin panjang artikel yang ditulis maka peluang untuk berada di peringkat pertama akan semakin besar. Selain itu, jumlah kata juga dijadikan sebagai indikator untuk menilai kualitas sebuah artikel.



Pada artikel kali ini saya akan mengulas pentingnya jumlah kata dalam artikel agar seo friendly. Saya juga akan memberikan kiat-kiat untuk membuat artikel panjang namun tetap enak dibaca. Karena itu jangan lupa untuk membaca sampai tuntas.

Mengapa artikel panjang memiliki peringkat tinggi di Google?

Jumlah Kata Dalam Artikel Agar SEO Friendly

Alasan mengapa artikel panjang mempengaruhi SEO

Ada beberapa alasan yang membuat artikel panjang lebih disukai mesin pencari Google dibandingkan artikel pendek. Semakin panjang artikel, maka Google memiliki lebih banyak data untuk menentukan tingkat relevansi dan topik apa yang dibahas di dalamnya.

Keuntungan memposting artikel yang panjang adalah Anda bisa menempatkan lebih banyak variasi kata kunci (keyword). Jumlah subjudul (heading, h2, h3), gambar dan link internal yang mengandung keyword juga akan bertambah. Hal ini menjadi nilai positif dimata mesin pencari Google.

Pada artikel yang panjang biasanya terdapat beberapa subtopik yang dibahas, hal ini dapat membuat artikel muncul dibanyak hasil pencarian. Pada akhirnya akan menghasilkan trafik organik ke website Anda.

Hasil pencarian Google teratas ditempati artikel-artikel panjang

Ketika menulis artikel blog yang panjang (jumlah kata sampai 1000 atau lebih), maka artikel tersebut memiliki peluang mendapatkan peringkat tinggi di Google. Artikel-artikel yang muncul di halaman pertama Google umumya memiliki jumlah kata yang banyak.

Sebagai contoh, Saya mencari artikel di Google dengan kata kunci “cara mendapatkan peringkat 1 google”, lalu Saya memilih hasil pencarian teratas, tahukah Anda berapa jumlah kata pada artikel tersebut? Yup, mencapai 2069 kata!

Belum percaya? Oke, mari kita coba mencari artikel dengan kata kunci “tips menjadi blogger profesional”, salah satu artikel pada hasil pencarian teratas ternyata memiliki jumlah kata lebih banyak, sekitar 2500 kata.

Dua contoh diatas menjadi bukti sederhana betapa pentingnya jumlah kata dalam mempengaruhi SEO.



Tips membuat artikel panjang agar nyaman dibaca

Pada penjelasan diatas disebutkan bahwa artikel panjang lebih disukai mesin pencari Google. Namun kelemahan artikel panjang (1000 kata atau lebih) adalah sulit dibuat dan tidak nyaman dibaca.

Menulis artikel panjang bukanlah pekerjaan mudah, dibutuhkan keterampilan dan tekad. Bila cara penulisan kacau dan “amburadul” maka pembaca bisa cepat bosan, artikel Anda dianggap tidak berguna, dan mereka tidak mau kembali ke website Anda.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

  1. Satu-satunya cara untuk menulis artikel panjang yang disukai pembaca adalah memastikan artikel tersebut terstruktur dengan baik dan mudah dibaca.
  2. Untuk artikel yang sangat panjang, tambahkan daftar isi agar pembaca mengetahui poin apa saja yang dibahas.
  3. Buatlah beberapa subjudul (heading, h2, h3).
  4. Buatlah paragraf lebih pendek dan isinya jelas.
  5. Jangan membuat kalimat terlalu panjang.
  6. Jangan terlalu sering menggunakan kosakata yang sulit dimengerti.
  7. Tulis dengan gaya menarik.

Panduan menulis artikel panjang untuk pemula

Diluar sana banyak blogger pemula yang merasa kesulitan menulis artikel panjang. Umumnya mereka bingung menentukan ide tulisan, dan terlalu terburu-buru dalam membuatnya.

Alhasil, kualitas tulisan menjadi buruk dan tidak terstruktur dengan baik.

Saya akan membagikan panduan menulis artikel panjang untuk blogger pemula. Cara ini saya lakukan setiap kali menulis artikel panjang.

Langkah mudah menulis artikel panjang:

  1. Tentukan terlebih dahulu ide tulisan. Misalnya tentang “Tips kesehatan”, “Peluang usaha terbaru“, atau topik lainnya yang Anda minati.
  2. Carilah artikel-artikel yang membahas topik yang Anda pilih. Gunakan artikel tersebut sebagai panduan dan sumber informasi.
  3. Buatlah kerangka karangan.
  4. Mulailah menulis dengan santai dan teliti. Gunakan kalimat sendiri, jangan COPY PASTE !!!
  5. Tulis artikel dengan detail dan mudah dipahami.
  6. Selalu cek dan ricek, siapa tahu ada kata yang salah ketik atau kurang hurufnya.
  7. Kalau mulai bosan dan puyeng, carilah selingan seperti nonton film, anime, atau baca komik.
  8. Lakukan dengan konsisten, maka kemampuan menulis akan meningkat dengan sendirinya.

Ingat! Artikel panjang dan berkualitas tidak bisa dibuat dalam waktu singkat. Artikel ini pun tidak dibuat selama 1 atau 2 jam, saya membutuhkan waktu satu hari, waktu paling lama terpakai untuk mengecek dan memperbaiki kalimat yang “amburadul”.

Note: Bila Anda merasa nyaman membaca artikel yang Anda tulis, maka besar kemungkinan orang lain akan merasakan hal yang sama.

Jumlah kata dalam artikel agar SEO friendly

Meningkatkan trafik dengan SEO

Minimal 300 kata, idealnya 400-1700 kata

Sebenarnya, jumlah kata dalam artikel agar SEO friendly masih menjadi perdebatan sampai saat ini. Namun, berdasarkan informasi yang saya dapatkan, jumlah kata minimal dalam sebuah artikel agar bisa bersaing di mesin pencari adalah 300 kata (Blog Yoast).

Bedasarkan penelitian yang dilakukan oleh situs Medium, artikel yang membutuhkan waktu baca selama 7 menit adalah yang paling populer dan menarik.

Hasil penelitian menarik lainnya adalah sekitar 74% pembaca menyukai artikel yang membutuhkan waktu baca 3 menit. Sementara 94% pembaca lainnya menyukai artikel dengan waktu baca dibawah 6 menit. Artinya, waktu optimal pembaca artikel adalah sekitar 3-7 menit.

Dengan asumsi kecepatan baca pengunjung artikel adalah 150-250 kata permenit (WPM), maka jumlah kata ideal untuk sebuah artikel blog adalah sekitar 400-1700 kata.

Ada yang lebih penting dibandingkan panjang artikel

Menulis artikel panjang hingga ribuan kata akan menjadi sia-sia bila cara penulisannya kacau dan tidak disukai pembaca.

Agar bisa memenangkan persaingan di mesin pencari, hal pertama yang harus dilakukan adalah “memuaskan” keinginan pembaca (User Experience). Artikel berkualitas adalah yang bisa membantu pembaca menemukan sesuatu yang dibutuhkannya.

Artikel berkualitas akan membuat pembaca “mencintai” website Anda. Semakin banyak pembaca yang loyal, maka trafik website akan stabil dan meningkat. Pada akhirnya akan mempengaruhi pemeringkatan di mesin pencari.

Cara mengetahui jumlah kata dalam artikel

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui jumlah kata dalam sebuah artikel. Untuk menghitung jumlah kata secara online, favorit saya adalah menggunakan wordcounter.net dan wordcounter.io. Untuk offline Anda bisa memanfaatkan MS Word.

Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

  1. Artikel panjang lebih mudah mendapat peringkat tinggi karena memiliki banyak kalimat, gambar, subjudul, dan link internal yang mengandung keyword.
  2. Sebagian besar artikel panjang menempati hasil pencarian teratas mesin pencari Google.
  3. Jumlah kata dalam artikel agar SEO friendly adalah 300 kata, jumlah idealnya 400-1700 kata.
  4. Meskipun kecil, artikel pendek (kurang dari 300 kata) tetap punya peluang berada di hasil pencarian teratas, selama banyak pembaca yang datang.
  5. “Kepuasan” pembaca adalah segalanya.



Note: Artikel ini ditulis berdasarkan pendapat pribadi saya sendiri, dan didukung dengan data dari sumber yang dapat dipercaya. Karena jumlah kata dalam artikel agar SEO friendly masih menjadi perdebatan, maka sebagian dari Anda mungkin tidak setuju dengan artikel ini.

Silahkan tulis pendapat dan saran Anda pada kolom komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat.




Total: 0 voters

Comments(14)

  1. 13/07/2018
  2. 13/07/2018
  3. 13/07/2018
    • 14/07/2018
  4. 14/07/2018
  5. 15/07/2018
    • 15/07/2018
  6. 15/07/2018
    • 15/07/2018
  7. 15/07/2018

Leave a Comment