Cara Menghilangkan Hidung Meler dan Mampet, Praktis dan Simpel


Cara Menghilangkan Hidung Meler dan Mampet, Praktis dan Simpel – Saat hidung meler dan mampet kita akan merasa tidak nyaman karena kita kesulitan bernafas, harus berulang kali menyeka hidung dengan tisu, dan sering ke kamar mandi atau wastafel untuk membersihkannya. Kali ini saya akan memberikan tips untuk membantu meringankan dan menghilangkannya. Berikut ulasannya:



Cara Menghilangkan Hidung Meler dan Mampet, Praktis dan Simpel

Cara pertama: Minum teh panas

Cara Menghilangkan Hidung Meler dan Mampet, Praktis dan Simpel

Sebuah penelitian skala kecil yang diterbitkan dalam jurnal Rhinology menemukan bahwa peserta yang meminum minuman panas ketika mereka terkena pilek atau flu segera tertolong dari gejala pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, kedinginan dan kelelahan. Ini karena panas dan uapnya membantu membuka dan melonggarkan saluran udara Anda. Sebagai tambahan, Anda juga dapat memilih teh herbal yang memiliki sifat anti-inflamasi seperti peppermint, chamomile, atau teh jahe.

Cara kedua: Mandi air hangat

Jika hidung Anda terasa sangat mampet, cara cepat untuk merasa lebih baik adalah dengan mandi air hangat. Panas dan uap dari air hangat akan membantu mengencerkan lendir hidung dan meredakan hidung tersumbat. Berendam di bak air hangat selama 10-15 menit akan membuat badan Anda lebih nyaman.



Cara ketiga: Menghirup uap panas

Sebuah studi di India yang diterbitkan pada tahun 2015 menemukan bahwa penggunaan uap cukup efektif. Ini mempercepat waktu pemulihan sekitar satu minggu dibandingkan dengan tidak menghirup uap sama sekali. Isi mangkuk atau piring lebar dengan air panas dan tambahkan beberapa herba atau beberapa tetes minyak esensial, lalu hirup dalam uap.

Cara ke-empat: Minum air lebih banyak

Hal penting yang Anda harus lakukan ketika mengalami pilek adalah tetap terhidrasi dengan meminum banyak cairan. Cairan yang Anda minum membantu mengencerkan lendir agar bisa mengurangi tekanan pada sinus, sehingga iritasi dan peradangan berkurang. Ini juga membuat lendir lebih mudah dikeluarkan dari hidung. Yang terpenting ketika mengeluarkan ingus sebaiknya dengan cara lembut agar tidak semakin memperparah bagian hidun yang sudah meradang.

Baca juga: Enam Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Sumber: DetikHealth




Total: 0 voters

Leave a Comment