10 Rahasia Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Pasca Diet


Menurut hasil studi, sebagian besar orang yang berhasil melakukan diet akan mengalami kegagalan dalam menjaga berat badan. Biasanya berat badan mereka perlahan-lahan mulai naik pada tahun pertama setelah diet, sebagian lagi akan naik tiga tahun pasca diet.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Sebenarnya, faktor penting dalam menjaga berat badan ideal ada tiga, yaitu makanan sehat, makan lebih sedikit, dan aktif bergerak. Bila salah satu faktor tersebut tidak dipenuhi, maka bisa dipastikan diet akan gagal total.

Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa tips rahasia untuk menjaga berat badan ideal pasca diet berdasarkan tiga faktor utama yang disebutkan diatas. Selamat membaca.



Tips Menjaga Berat Badan Ideal Pasca Diet

Dilansir dari laman ScienceAlert.com, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh badan amal Weight Concern asal Inggris, ada 10 kebiasaan sehat yang bisa dijadikan acuan dalam menjaga berat badan ideal pasca diet, yaitu:

Menjaga Berat Badan Ideal Pasca Diet

Menjaga pola waktu makan

Orang yang sukses menjaga berat badan dalam jangka waktu panjang cenderung memiliki pola waktu makan yang teratur. Mereka menjaga ritme waktu makan agar sama setiap harinya. Mereka juga menghindari ngemil diluar waktu makan.

Mengonsumsi lemak sehat

Agar berat badan tetap terjaga pasca diet, sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak trans. Lemak trans dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Perbanyak konsumsi lemak sehat yang terkandung di dalam kacang, buah alpukat, minyak ikan, dan lainnya. Sebisa mungkin hindari makanan cepat saji.

Perbanyak jalan kaki

Berjalan kaki adalah kebiasaan baik yang dapat membantu mempertahankan berat badan ideal. Selain itu, berjalan kaki juga dapat menyehatkan jantung dan memperlancar peredaran darah. Dianjurkan untuk berjalan kaki hingga 10.000 langkah dalam sehari.

Konsumsi camilan sehat

Bila ingin berat badan tetap terjaga, mulailah mengganti atau mengurangi camilan tidak sehat seperti keripik dan biskuit. Karena keripik dan biskuit mengandung banyak gula dan garam. Sebaiknya ganti dengan buah-buahan segar yang mengandung banyak serat dan vitamin.

Baca informasi gizi pada kemasan

Biasakanlah untuk membaca informasi nilai gizi setiap membeli makanan dalam kemasan. Periksa kandungan gula, lemak dan garam di dalamnya, bila terlalu tinggi sebaiknya jangan dibeli. Mengonsumsi makanan kemasan yang tinggi kandungan gula dan lemak akan menambah berat badan secara drastis.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Bungkus Makanan Ringan Banyak “Angin-nya”


Kurangi porsi makan

Mengurangi porsi makanan adalah salah satu cara untuk mempertahankan berat badan pasca diet. Namun, pastikan asupan gizi untuk tubuh tetap terpenuhi. Saat makan gunakanlah wadah atau piring yang lebih kecil, dan sebelum makan sebaiknya minum segelas air putih terlebih dahulu.

Jangan duduk terlalu lama

Mengurangi waktu duduk dan banyak berjalan adalah cara agar berat badan terjaga. Duduk terlalu lama akan mengganggu kesehatan dan dapat meningkatkan resiko terkena kanker usus besar dan kanker uterus.

Perhatikan apa yang Anda minum

Memperbanyak minum air putih juga dapat membantu menjaga berat badan ideal. Selain itu, kurangi konsumsi jus buah yang ditambahkan gula dan susu kental manis. Lebih baik minum jus buah murni tanpa tambahan apapun.

Jangan menghabiskan makanan terlalu cepat

Makan dengan pelan dan sambil duduk dapat membuat perut kenyang lebih lama. Berbeda saat makan dengan terburu-buru, Anda akan cepat merasa lapar karena perut terus mengirim sinyal ke otak supaya terus diberi makanan.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Memperbanyak asupan buah dan sayur (baik segar, kemasan, atau beku) dapat membantu mempertahankan berat badan ideal pasca diet. Buah dan sayur banyak mengandung serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Keuntungan lainnya adalah kita terhindar dari resiko terkena berbagai macam kanker.

Baca juga: 13 Pekerjaan ini Membuat Anda Rentan Terkena Kanker Ganas


Total: 1 voters

Leave a Comment