7 Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Tambahan


Cara mudah mendapatkan penghasilan tambahan | Tingkat kebutuhan yang dimiliki setiap manusia tidaklah sama. Untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut terkadang dibutuhkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit. Meskipun sudah memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap, terkadang seseorang masih diharuskan untuk mencari penghasilan tambahan.

Cara mudah mendapatkan penghasilan tambahan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, seperti mencari pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan tanpa mengganggu jam kerja kantor. Bisa juga dengan cara memanfaatkan hobi yang dimiliki, namun harus dilihat terlebih dahulu, apabila jenis hobi yang dimiliki termasuk membuang-buang uang tentu saja tidak bisa digunakan untuk mencari tambahan uang. Contoh hobi yang bisa dimanfaatkan adalah fotografi, menulis, dan menggambar.

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan sampingan dan hobi yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

7 Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Tambahan

1. Menjual barang-barang bekas dirumah

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan Anda bisa menjual barang-barang bekas yang ada dirumah. Pertama kumpulkan semua barang bekas yang tidak digunakan, jangan lupa untuk memeriksa kondisi fisik barang, bila perlu pisahkan berdasarkan kondisi yang masih bagus dan kurang bagus. Selanjutnya Anda bisa menjualnya melalui media sosial, dan media online lainnya. Bisa juga dengan menawarkan ke teman atau kenalan Anda.

2. Menjadi reseller

Menjadi reseller adalah salah satu cara mudah mendapatkan penghasilan tambahan. Anda tinggal mencari supplier barang yang ingin dijual. Pilihlah barang yang selalu dibutuhkan banyak orang, seperti pakaian, makanan ringan, aksesoris, dan lainnya. Setelah mendapatkan supplier dengan harga murah, selanjutnya Anda tinggal menawarkannya ke teman kerja, tetangga, maupun memprosmosikan di media sosial. Pekerjaan sampingan sebagai reseller sangatlah mudah dijalankan, manfaatkan waktu istirahat kantor dan waktu senggang di rumah untuk melakukan promosi.

3. Membuka usaha kuliner



Membuka usaha kuliner adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan uang tambahan. Anda dapat melakukan usaha ini tanpa harus keluar dari tempat bekerja saat ini. Caranya adalah dengan menjalin kerjasama dengan pengusaha kuliner yang menawarkan paket kemitraan. Memang dibutuhkan modal yang cukup banyak untuk menjadi mitra, namun potensi keuntungan yang akan diperoleh cukup besar. Setelah mendapatkan jenis usaha kuliner yang diinginkan, Anda tinggal mencari pekerja yang akan dilatih untuk menjalankan usaha kuliner tersebut. Anda hanya perlu menunggu laporan penjualan dan mendapatkan keuntungan tiap bulannya.

4. Menjadi guru les

Pekerjaan sampingan ini cocok untuk Anda yang memiliki keahlian dalam mengajar. Anda dapat menjadi guru les dan mengajar di rumah sendiri tanpa harus menyewa tempat. Menjadi guru les matematika dan bahasa inggris cukup diminati saat ini. Target konsumen adalah anak-anak sekolah dasar dan SMP yang tinggal di sekitar rumah Anda. Pasanglah papan pengumuman sederhana untuk menunjukkan bahwa Anda membuka jasa les. Anda dapat mengatur waktu sepulang dari kantor untuk mengajar. Tidak harus mengajar setiap hari, cukup 2 atau 3 hari dalam seminggu.

5. Menjadi freelancer penulis atau penerjemah

Menjadi freelancer penulis atau penerjemah

Bila Anda memiliki hobi menulis artikel atau memiliki keahlian menerjemahkan bahasa asing, maka pekerjaan sampingan ini cocok bagi Anda. Umumnya Anda akan dibayar untuk tiap artikel yang disetujui. Adapula yang membayar dengan menghitung jumlah kata pada artikel. Anda dapat mencari peluang di internet, karena cukup banyak yang membutuhkan jasa penulis, seperti penulis artikel, penulis berita olahraga, penulis berita otomotif, dan lainnya. Jasa penerjemah bahasa asing juga banyak sekali yang membutuhkan.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Dibawah 1 Juta



6. Menjual online foto atau desain grafis

Menjual online foto atau desain grafis

Apabila memiliki hobi fotografi dan desain grafis, Anda dapat menjualnya di situs-situs stock foto di internet. Tidak harus menggunakan kamera profesional, kamera digital low end dan kamera smartphone-pun dapat Anda gunakan. Anda akan mendapatkan royalti fee apabila ada yang membeli atau menggunakan foto yang Anda pasang. Hal yang sama juga berlaku untuk desain grafis yang Anda buat seperti desain logo, ilustrasi, maupun desain layout. Biasanya Anda akan mendapatkan bayaran dalam bentuk dollar. Yang paling penting dalam melakukan pekerjaan ini adalah kreatifitas dan kualitas foto maupun desain grafis yang dibuat harus bagus.

7. Membuka toko kecil-kecilan di rumah

Membuka toko kecil-kecilan adalah salah satu cara mudah mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menjual barang keperluan sehari-hari, seperti personal care, beras, telur, mie instan, makanan ringan, air minum kemasan, dan lainnya. Anda juga bisa sekaligus membuka konter pulsa kecil-kecilan dan membuka layanan PPOB untuk meningkatkan keuntungan.


Selain cara mudah mendapatkan penghasilan tambahan yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak cara-cara yang lainnya. Kami akan mengulasnya dilain waktu. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi dan memberikan banyak manfaat. Terimakasih, salam sukses. Firalufias Weblog.



Total: 0 voters

Leave a Comment