Cara Sehat Makan Mie Instan, Tambahkan Bahan Makanan Berikut


Cara Sehat Makan Mie Instan, Tambahkan Bahan Makanan Berikut – Mie instan merupakan salah satu makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia, karena rasanya yang enak, mudah dalam penyajiannya, dan harga yang terjangkau. Berbagai varian rasa dari banyak merek tersedia di pasaran.



Dibalik rasanya yang enak, ternyata mie instan termasuk ke dalam golongan makanan yang kurang sehat, mengapa ?

  1. Nutrisi yang terkandung di dalam mi instan rendah. Kandungan lemak, kalori, dan sodium juga sangat tinggi, serta memiliki pewarna buatan, pengawet, zat aditif, dan perasa.
  2. Mengonsumsi mie instan berlebihan dapat meningkatkan risiko untuk terkena gangguan metabolisme karena sodium yang tinggi, lemak jenuh yang tidak sehat, dan indeks glikemiknya yang juga tinggi.
  3. Konsumi mi instan berlebihan tidak hanya bisa memicu obesitas, tapi juga penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, hipertensi, dan masalah jantung.
  4. Wanita yang memakan mi instan dua kali seminggu atau lebih, memiliki risiko terjangkit gangguan metabolisme dibandingkan yang makan lebih sedikit atau tidak sama sekali, terlepas dari apapun pola makan mereka baik tradisional ataupun fast-food. (Menurut penelitian Harvard School of Public Health)

Cara Sehat Makan Mie Instan, Tambahkan Bahan Makanan Berikut

Lalu apakah ada cara untuk mengonsumsi mie instan dengan lebih baik dan sehat ? Sebenarnya mengonsumsi mie instan tetap diperbolehkan, asalkan tetap dalam batasan. Untuk menghindari resiko-resiko di atas, sebaiknya batasi konsumsi mie instan 1-2 kali seminggu, lalu tambahkan bahan lain untuk menambah nutrisi penting bagi tubuh. Bahan-bahan yang bisa Anda tambahkan pada mie instan contohnya adalah sebagai berikut:




Baca juga: Enam Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Cara Sehat Makan Mie Instan, Tambahkan Bahan Makanan Berikut

  1. Tambahkan daging ayam, sapi, atau ikan, serta tempe atau tahu pada mie instan untuk menambah kandungan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.
  2. Tambahkan juga sayuran pada mie instan, sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Anda bisa menambahkan sawi, selada air, bawang bombay yang diiris halus, daun bawang, atau sayuran lain sesuai selera Anda.

Cara yang lebih sehat lainnya adalah dengan mengurangi bumbu mie instan. Jumlah natrium yang terkandung pada banyak jenis mie instan biasanya setara dengan 63% dari dosis garam harian Anda. Itu berarti sekitar 1.500 milligram batuan garam bumi, atau setara dengan setengah sendok teh garam yang langsung masuk ke tubuh Anda, dan hal ini akan membuat ginjal Anda sengsara.

Menurut Dietary Guidelines for American, tubuh manusia harus menerima kurang dari 2.300 milligram garam per hari dan 1.500 milligram bagi setiap orang di atas usia 50 tahun. Semoga bermanfaat.

Sumber: Kompas Health, Hallo Sehat



Total: 0 voters

No Responses

Leave a Comment