Awas, Jangan Mencuci 5 Bahan Makanan ini Sebelum Memasak


Salah satu rutinitas yang kerap dilakukan sebelum memasak adalah mencuci bahan makanan. Hal ini dilakukan agar bahan makanan tersebut bersih dari kotoran yang melekat. Namun, tidak semua bahan makanan harus dicuci dahulu.

Beberapa bahan makanan justru beresiko menyebarkan bakteri ke seluruh dapur bila dicuci. Untuk menghindari hal ini, kita harus mengetahui bahan makanan apa saja yang sebaiknya tidak dicuci sebelum memasaknya.



Seperti yang dilansir dari laman Reader Diggest, setidaknya ada 5 bahan makanan yang sebaiknya tidak dicuci karena berbagai alasan. Apa saja? Mari kita simak ulasannya.

Sebelum memasak hindari mencuci bahan makanan ini

Hindari mencuci bahan makanan ini Tuna

Daging ayam dan ikan

Di dalam daging ayam atau ikan terdapat banyak bakteri dan patogen. Mencucinya sebelum dimasak sebaiknya dihindari. Kenapa? Karena dengan mencucinya justru meningkatkan resiko tersebarnya bakteri dan patogen ke seluruh peralatan dapur. Percikan air yang digunakan mencuci daging ayam dapat mencemari wastafel dan peralatan masak bersih lainnya.

Cara paling efektif untuk mematikan bakteri dan patogen yang bersarang di dalam daging ayam atau ikan adalah dengan memasaknya dengan suhu yang tepat, minimum 74°C.

Hindari memakan daging ayam yang setengah matang, karena dikhawatirkan masih terdapat bakteri dan patogen yang masih hidup.

Daging merah

Sama seperti kasus daging ayam dan ikan, mencuci daging merah dapat menyebarkan bakteri keseluruh dapur dan peralatan masak. Selain itu, cita rasa daging akan berkurang akibat uap air yang tercipta saat mencuci. Jadi sebaiknya hindari hal ini.

Alternatif yang dapat digunakan adalah menggunakan handuk berbahan kertas untuk menghilangkan cairan yang melekat pada permukaan daging merah.

Untuk mengawetkan daging merah dianjurkan menyimpannya di dalam lemari pembeku (freezer). Ingin tahu berapa lama daging bisa disimpan di dalam freezer? Silahkan baca disini.

Produk makanan berlogo prewashed dan salad

Bahan makanan berlogo prewashed atau triple-washed tidak perlu dicuci lagi, karena produsen makanan tersebut sudah mengemasnya dalam keadaan bersih. Mencuci makanan ini akan beresiko meningkatkan kontaminasi silang pada makanan lain.

Jamur

Jamur adalah bahan makanan yang dapat menyerap banyak air. Sebaiknya hindari mencuci bahan makanan ini sebelum memasaknya. Sama seperti daging merah, cita rasa jamur akan rusak bila dicuci.

Untuk membersihkan jamur sebaiknya gunakan handuk kertas lembab, handuk ini dapat menyerap air seperti spons. Sebagian besar koki menggunakan handuk ini saat membersihkan jamur.

Telur

Telur memiliki lapisan pelindung alami berupa kulit yang cukup keras. Jadi, bila bagian kulit ini tidak kotor, telur tidak perlu dicuci sebelum memasaknya.

Saat memasak, pastikan bagian kuning telur telah matang. Kurangi mengonsumsi telur setengah matang karena beresiko terinfeksi salmonella.

Baca juga: Jangan Menyimpan 8 Makanan ini di Dalam Lemari Es



Total: 2 voters

Comments(4)

  1. 25/07/2018
    • 26/07/2018
  2. 26/07/2018
    • 26/07/2018

Leave a Comment