Inilah 10 Manfaat Brokoli, Salah Satunya Mencegah Kanker Payudara


Inilah 10 Manfaat Brokoli, Salah Satunya Mencegah Kanker Payudara. Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang banyak dijumpai di Indonesia. Mulai dari pasar tradisional sampai supermarket besar pasti menjual sayur ini. Biasanya brokoli digunakan sebagai pelengkap sayur sop, tumisan, makanan pendamping ASI, dan juga tambahan untuk jus sayuran.

Brokoli memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, sayuran ini tidak mengandung lemak sehingga cocok digunakan untuk program diet. Brokoli mengandung banyak serat yang penting untuk kesehatan pencernaan, serat ini dapat membantu menyeimbangkan bakteri baik dalam usus. Dengan usus yang sehat, maka kekebalan tubuh akan meningkat.

Manfaat brokoli untuk kesehatan

Brokoli. (Foto: Internet)

Brokoli mengandung vitamin C, potasium, B6 dan Vitamin A, magnesium, fosfor, sedikit seng dan zat besi. Selain itu brokoli juga mengandung antioksidan yang befungsi untuk membantu tubuh dalam menemukan dan menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dibuat selama proses metabolisme.




Baca juga: 5 Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat brokoli lainnya adalah sebagai pembangkit tenaga, sistem kardiovaskular, sistem kekebalan tubuh, anti inflamasi dan pencegahan kanker. Berikut ini akan kami ulas manfaat lain dari brokoli yang mungkin tidak anda ketahui.

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

1. Mencegah kanker payudara dan kanker rahim

Brokoli memiliki kesamaan dengan sayuran cruciferous, seperti kembang kol, kubis brusel dan kubis ini sangat protektif terhadap beberapa kanker perut dan usus. Brokoli mengandung khasiat membersihkan dan menghabiskan estrogen atau penyebab kanker dalam tubuh. Karena itu, brokoli sangat cocok untuk mencegah kanker payudara dan kanker rahim.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Kandungan Sulforaphane dalam brokoli membantu menjaga bakteri agar tidak ditumbuhi atau menempel terlalu kuat ke dinding perut. Kandungan serat yang tinggi juga baik untuk pencernaan, setelah serat ini dicerna dan mencapai usus besar bakteri usus mulai mengurai serat dan membuat asam lemak rantai pendek. Hasilnya, koloni bakteri usus akan seimbang, usus menjadi lebih sehat, dan kekebalan tubuh meningkat.

3. Menyehatkan jantung

Brokoli sangat baik untuk membantu mengurangi kolesterol, secara tidak langsung dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga pembuluh darah agar tetap kuat. Kandungan Sulforaphane juga dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk mencegah atau membalikan kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang disebabkan oleh peradangan karena kronis.

Brokoli dapat menjadi solusi untuk masalah gula darah, karena itu sangat baik untuk kesehatan jantung. Serat, vitamin dan asam lemak dalam brokoli membantu mengurangi kolesterol jahat, dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

4. Menjaga kesehatan mata

Brokoli memiliki kandungan lutein yang tinggi. Lutein adalah zat antioksidan yang membantu menjaga kesehatan mata. Kadar lutein dalam brokoli hampir sama dengan wortel, sehingga kita bisa mengganti wortel dengan brokoli untuk membantu melindungi dari degenerasi makula (kondisi yang mengaburkan penglihatan sentral) dan katarak.

Brokoli juga mengandung beta-karoten, vitamin A, fosfor, B kompleks, vitamin C dan E. Semua nutrisi ini sangat bagus untuk perbaikan kerusakan karena radiasi berbahaya karena penggunaan ponsel atau terlalu sering berada di depan layar.

5. Sebagai sumber antioksidan yang kuat



Brokoli memiliki kadar antioksidan yang kuat, seperti lutein, zeaxanthin, beta-karoten dan antioksidan lainnya. Sayuran hijau ini mengandung banyak sekali vitamin C, sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Selain itu, brokoli juga mengandung flavonoid yang membantu mendaur ulang vitamin C secara efisien.

6. Anti-inflamasi

Brokoli adalah anti-inflamasi yang dapat memperlambat kerusakan sendi termasuk osteoarthritis. Sulforaphane dalam brokoli juga dapat membantu penderita radang sendi, karena bahan kimia ini dapat menghambat enzim yang menyebabkan kerusakan sendi dengan menghentikan molekul kunci penyebab peradangan. Selain itu, brokoli mengandung iskhiosianat dan asam lemak omega-3 yang membantu mengatur peradangan.

7. Menjaga kesehatan tulang

Brokoli mengandung kadar kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Brokoli juga kaya akan nutrisi lain, seperti magnesium, seng dan fosfor. Karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi, brokoli sangat cocok untuk anak-anak, dan lanjut usia.

8. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat brokoli yang lain adalah membantu dalam menjaga kesehatan kulit karena mengandung vitamin C, mineral tembaga, seng, vitamin K, asam amino dan folat. Brokoli sangat ideal untuk melindungi kulit dari infeksi dan akan menjaga cahaya alami dari kulit anda.

9. Mengurangi kolesterol

Brokoli tinggi akan serat yang dapat membantu mengeluarkan kolesterol dengan mengikat asam empedu di saluran pencernaan. Serat larut dalam brokoli ini mampu mengikat kolesterol dalam darah. Sehingga, kolesterol mudah diekskresikan dan keluar dari tubuh kita dengan mudah, bahkan varietas brokoli tertentu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah hingga 6 persen.

Baca juga: 5 Jenis Makanan ini Berbahaya bagi Kesehatan Otak Anda

10. Membuat awet muda

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam brokoli membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan yang sering merusak kulit. Dianjurkan untuk mengkonsumsi brokoli secara teratur, untuk membantu mengurangi garis-garis halus, keriput, masalah kulit seperti jerawat dan juga pigmentasi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan anda tidak menggoreng brokoli atau memakannya mentah-mentah. Disarankan untuk merebus atau mengukus brokoli sebelum dikonsumsi. Demikian ulasan mengenai Manfaat Brokoli semoga bermanfaat.

Sumber: Tribunnews dan Kompas






Total: 1 voters

No Responses

Leave a Comment