Jangan Menyimpan 8 Makanan ini di Dalam Lemari Es


Supaya bahan makanan tidak mudah rusak dan segar lebih lama, biasanya kita akan menyimpannya di dalam lemari es / kulkas. Namun tahukah Anda bahwa jenis makanan tertentu justru mudah rusak apabila disimpan di kulkas ? Kualitas dan kandungan nutrisi pada makanan ini akan menurun saat berada di dalam kulkas.



Berikut ini adalah 8 jenis makanan yang sebaiknya tidak Anda simpan di kulkas yang kami kutip dari situs Kompas Lifestyle. Selamat membaca.

8 Makanan ini Sebaiknya Jangan Disimpan di Kulkas

Kentang

Suhu terbaik untuk menyimpan kentang adalah sekitar 7°C, sedangkan suhu rata-rata di dalam kulkas adalah 1°C – 3°C. Karena itu kentang kurang cocok disimpan di dalam kulkas karena suhu yang dingin akan mengubah zat pati pada kentang menjadi zat gula. Karena perubahan ini kentang akan memiliki tekstur berpasir dan terasa lebih manis.

Sebaiknya simpan kulkas di suhu sejuk di dalam dapur, Anda bisa membungkusnya dengan kantong kertas. Jauhkan kentang dari sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan penumpukan klorofil, hal ini dapat membuat kentang berwarna hijau dan terasa pahit.

Sebaiknya jangan menyimpan kentang berdekatan dengan bawang merah. Bawang mengeluarkan gas dan uap air yang dapat merusak kentang.

Tomat

Jangan menyimpan tomat di dalam kulkas

Menyimpan tomat di dalam kulkas dapat menyebabkan rasa segarnya berkurang, warnanya pun akan menjadi kusam. Udara dingin di dalam kulkas juga dapat mengubah susunan kimia pada tomat. Sebaiknya simpan tomat di atas meja agar rasanya tetap enak.

Baca juga: Manfaat Telur untuk Mencegah Penyakit Stroke dan Kardiovaskular

Bawang Merah

Agar bawang merah tetap segar sebaiknya simpan di tempat yang sirkulasi udaranya lancar. Karena di dalam kulkas sirkulasi udaranya tidak ada, makan tidak dianjurkan untuk menyimpan bawang merah utuh di dalamnya.

Bungkuslah bawang merah di dalam kantong berlubang, atau di dalam wadah yang terbuka. Apabila bawang sudah dicincang, Anda diperbolehkan menyimpannya di kulkas.



Bawang Putih

Suhu terbaik untuk menyimpan bawang putih adalah sekitar 18°C. Simpanlah bawang putih di tempat yang memiliki sirkulasi udara dan sejuk. Menyimpan bawang putih di kulkas kurang dianjurkan karena suhunya terlalu dingin. Selain itu bawang putih dapat membuat aroma di dalam kulkas menjadi kurang sedap.

Melon utuh

Sebuah riset yang dilakukan oleh United States Department of Agriculture membuktikan bahwa melon yang disimpan pada suhu kamar memiliki kandungan beta karoten dua kali lebih tinggi dibandingkan melon yang disimpan di kulkas. Beta karoten adalah senyawa yang baik untuk penglihatan kita.

Riset ini juga menemukan bahwa makanan yang disimpan di kulkas akan berkurang kandungan antioksidannya hingga 50%. Kandungan antioksidan ini berkurang akibat suhu dingin di dalam kulkas.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Bungkus Makanan Ringan Banyak “Angin-nya”

Daun Basil

Sebaiknya Anda tidak menyimpan daun basil di dalam kulkas. Daun basil akan berubah menjadi hitam apabila disimpan pada suhu di bawah 4°C. Sebaiknya simpan daun basil di tempat teduh dan sejuk.

Saus Pedas

Tahukah Anda bahwa menyimpan saus pedas di dalam kulkas justru akan mengurangi rasa pedasnya. Sebagian orang menganggap saus pedas akan awet apabila disimpan di dalam kulkas. Tidak perlu khawatir, meskipun disimpan di luar kulkas saus pedas dapat bertahan lama karena kandungan zat asam di dalamnya. (Ini berlaku untuk saus pedas kemasan / botolan yang dijual di toko atau supermarket).

Biji Kopi

Jangan menyimpan biji kopi di kulkas

Menyimpan biji kopi di dalam kulkas merupakan ide yang sangat buruk, kenapa ? karena kondisi kulkas yang lembab akan merusak rasa dan aroma nikmat di dalam biji kopi. Sebaiknya simpan biji kopi di dalam wadah tertutup kedap udara.

Baca juga: 6 Makanan Penyebab Diabetes yang Harus Anda Ketahui





Total: 1 voters

No Responses

Leave a Comment