Benarkah Larutan “Micin” Dapat Menyuburkan Tanaman? Berikut Faktanya


Masalah larutan vetsin alias “micin” yang katanya dapat menyuburkan tanaman sebenarnya telah menjadi perdebatan sejak lama. Beberapa orang meragukan hal ini, sebagian lagi membenarkan karena telah membuktikannya sendiri. Ada yang membuktikan dengan tanaman Anggrek dan Gelombang Cinta, saat diberi larutan vetsin tanaman mereka semakin subur, daun dan bunga tumbuh lebat.



Lalu benarkah larutan vetsin atau micin bisa menyuburkan tanaman?

Menurut Ahli Kimia Tanah dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Dr. Ir. Eko Hanudin, MP. larutan vetsin memang dapat menyuburkan tanaman, terutama tanaman pangan dan sayuran.

Monosodium Glutamate Wastewater (MSGW) adalah nama lain untuk air larutan vetsin. Didalam larutan vetsin ini terdapat kandungan unsur hara seperti Fe, S, Ca, Mg, Mo, Na, P, K dan N. Unsur hara inilah yang membuat tanaman tumbuh dengan subur.

Manfaat dari Monosodium Glutamate Wastewater (MSGW) telah dijelaskan dibanyak jurnal penelitian, salah satunya adalah “Impacts of Monosodium Glutamate Industrial Wastewater on Plant Growth and Soil Characteristics” dari Yenepoya Research Center, Yenepoya University, India.

Dijurnal tersebut dijelaskan bahwa MSGW dapat digunakan sebagai sumber nutrisi pada tanaman. MSGW adalah air limbah organik yang kaya akan kandungan nutrisi. Bila digunakan dengan jumlah yang tepat, larutan ini dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Didalam MSGW terdapat kandungan nitrogen (N), karbon organic (organic C), dan kandungan mineral lain. Kandungan unsur hara ini membantu menyuburkan tanah sebagai tempat tanaman hidup. Selain itu, larutan MSGW dapat meningkatkan aktivitas mikroba di dalam tanah dan memperbaiki proses pernafasan tanah, inilah fakta bahwa larutan vetsin atau micin bisa menyuburkan tanaman.

Baca juga: 2,4 Juta Bayi Selamat Berkat Darah Unik Milik Pria ini

Cara membuat larutan vetsin untuk tanaman.

Cara membuat larutan vetsin sangatlah mudah, siapkan wadah atau ember berukuran sedang, air dan bubuk vetsin yang akan digunakan. Isi wadah atau ember dengan air hingga setengahnya. Tuang 1/4 bungkus bubuk vetsin kemasan 250 gram pada ember yang berisi air, kemudian aduk hingga terlarut.

Setelah itu siramkan secukupnya pada tanaman pangan atau tanaman hias. Untuk tanaman baru, sebagai permulaan sebaiknya jangan menyiramkan terlalu banyak. Simak contoh video dibawah ini.



A post shared by Apria • (@apria_wi) on

Sumber: Kompas Lifestyle


Total: 0 voters

One Response

  1. 10/07/2018

Leave a Comment