Manfaat Buah Apel untuk Mencegah Tiga Penyakit Berbahaya


Manfaat Buah Apel untuk Mencegah Tiga Penyakit Berbahaya – Siapa yang tidak kenal buah Apel, buah ini tersedia hampir sepanjang tahun di Indonesia, sangat mudah menemukannya karena banyak di jual di Supermarket, Minimarket, dan di pedagang di pinggir jalan. Dalam sajian per 100 gram Apel dengan kulitnya, terkandung 52 kalori, karbohidrat 13.81 gram, sejumlah vitamin B1, B2, B5, dan vitamin E, serta folat, kalsium, magnesium dan fosfor. Tetapi jangan berlebihan dalam mengonsumsi buah ini, karena Apel cukup asam, apel bisa sampai empat kali lebih merusak gigi daripada minuman berkarbonasi. Berikut ini adalah manfaat dari buah Apel:



Manfaat Buah Apel untuk Mencegah Tiga Penyakit Berbahaya

Manfaat buah Apel, 1: Mengurangi resiko penyakit Stroke

Manfaat Buah Apel untuk Mencegah Tiga Penyakit Berbahaya

Stroke, penyakit berbahaya yang sering menyerang secara mendadak ini jumlah penderitanya semakin meningkat di Indonesia. Sebuah penelitian yang melibatkan 9.208 pria dan wanita menunjukkan bahwa mereka yang makan apel paling banyak selama periode 28 tahun memiliki risiko paling rendah untuk stroke. Peneliti menyimpulkan bahwa asupan apel terkait dengan penurunan risiko stroke trombotik.

Manfaat buah Apel, 2: Membantu menurunkan resiko Diabetes

Rutin mengonsumsi buah Apel setiap hari akan memabantu menurukan resiko penyakit Diabetes. Sebuah penelitian yang melibatkan 187.382 orang menemukan kalau orang yang makan tiga buah apel, anggur, kismis, blueberry atau pir per minggunya memiliki risiko 7 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Manfaat buah Apel, 3: Menurunkan kadar kolesterol jahat

Sekelompok peneliti di The Florida State University menyatakan bahwa apel adalah ‘buah ajaib’ karena kemampuannya untuk menurunkan tingkat kolesterol ‘jahat’. Mereka menemukan bahwa wanita tua yang makan apel setiap hari memiliki 23 persen lebih sedikit kadar kolesterol jahat (LDL) dan 4 persen lebih baik pada kadar kolesterol (HDL) hanya dalam waktu enam bulan.

Baca juga: Enam Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan Tubuh



Manfaat lain dari buah Apel: Meningkatkan kesehatan otak

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Biology and Medicine menemukan bahwa quercetin (salah satu antioksidan yang ditemukan berlimpah dalam apel) adalah salah satu dari dua senyawa yang membantu mengurangi kematian sel yang disebabkan oleh oksidasi dan peradangan neuron. Studi lain yang dipresentasikan pada konferensi yang sama dan dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer’s Disease menunjukkan bahwa konsumsi jus apel dapat meningkatkan memori di antara tikus yang memiliki gejala mirip Alzheimer.




Total: 0 voters

No Responses

Leave a Comment