Manfaat Telur untuk Mencegah Penyakit Stroke dan Kardiovaskular


Manfaat telur mencegah stroke dan kardiovaskular | Telur ayam adalah makanan yang digemari oleh banyak orang. Kandungan nutrisi di dalam sebutir telur ayam juga sangat banyak, seperti kalsium, zat besi, protein, asam amino esensial, serta vitamin A, B2, B12, D, dan E.

Telur pernah memiliki sejarah yang kurang baik dimasyarakat karena dianggap sebagai sumber kolesterol jahat. Tetapi penelitian yang terbaru menemukan bahwa telur dapat membantu meningkatkan kolesterol ‘baik’ dalam tubuh, kolesterol baik ini disebut juga High-density lipoprotein (HDL).

HDL merupakan komponen penting yang penting untuk sel kita, HDL juga dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat yang ada di dalam darah.

Manfaat telur mencegah stroke dan kardiovaskular

Manfaat telur mencegah stroke dan kardiovaskular

Baru-baru ini telah diadakan sebuah penelitian untuk melihat hubungan antara makan telur dengan resiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular, penyakit jantung iskemik, jantung koroner, stroke hemoragik, dan stroke iskemik.

Penelitian ini dipimpin oleh Profesor Liming Li dan Dr Canqing Yu dari Sekolah Kesehatan Masyarakat, Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Peking.

Data yang mereka gunakan adalah berdasarkan sebuah studi yang sedang dijalankan, studi ini mencakup lebih dari setengah juta orang dewasa dengan usia antara 30 – 79 tahun yang diambil di 10 lokasi berbeda di China.



Kemudian sebanyak 416.000 peserta dipilih, mereka adalah peserta yang bebas dari masalah kesehatan seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Mereka ditanya tentang seberapa sering mereka mengonsumsi telur. Data ini dikumpulkan antara 2004 dan 2008.

Sekitar 13 persen dari peserta mengatakan mereka mengonsumsi telur setiap hari, sementara 9 persen mengatakan mereka tidak pernah atau jarang mengonsumsi telur.

Setelah ditindaklanjuti, 83.977 orang memiliki penyakit kardiovaskular, 9.985 di antaranya meninggal. Dan 5.103 diantaranya mengalami stroke atau serangan jantung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi telur setiap hari memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Mengonsumsi satu butir telur perhari dapat mengurangi resiko seseorang terkena stroke hemoragik hingga 26 persen, kematian akibat stroke hemoragik hingga 28 persen, dan penyakit kardiovaskular hingga 18 persen.

Stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah di dalam otak pecah lalu menyebabkan pendarahan di dalam jaringan otak atau di sekitar permukaan organ tersebut.

Selain itu juga terdapat 12 persen penurunan risiko penyakit jantung iskemik bagi orang yang makan sekitar lima telur seminggu, dibandingkan dengan orang yang jarang.

Stroke hemoragik lebih umum terjadi di China daripada di negara-negara berpenghasilan tinggi, sedangkan penyakit jantung iskemik adalah penyebab utama kematian dini di sebagian besar negara-negara Barat.

Manfaat telur mencegah stroke dan kardiovaskular. Sumber: Science Alert






Total: 0 voters

No Responses

Leave a Comment