Apakah Bisa Saya Membuka Usaha dengan Modal 5 Jutaan ?


Membuka Usaha dengan Modal 5 Jutaan | Apabila seseorang memutuskan untuk membuka usaha, maka banyak persiapan yang harus ia lakukan, selain perencanaan dan strategi yang matang, calon pengusaha harus menyiapkan modal. Besar kecilnya modal yang dibutuhkan harus disesuaikan dengan jenis usaha yang akan dibangun.

Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin besar modal yang dimiliki, seseorang akan lebih leluasa dalam memulai dan membuka bisnis. Dengan modal puluhan atau ratusan juta, calon pengusaha memiliki lebih banyak pilihan.

Lalu bagaimana bila modal yang dimiliki hanya sekitar Rp 5 jutaan saja. Tenang, dengan modal tersebut Anda masih bisa membangun usaha. Asalkan Anda memiliki keuletan dan tekad yang kuat, semua usaha yang awalnya kecil dapat menjadi besar. Berikut ini adalah jenis usaha yang dapat Anda mulai dengan modal minim sekitar Rp 5 jutaan. Selamat membaca.



Membuka Usaha dengan Modal 5 Jutaan

1. Membuka konter pulsa

Membuka usaha konter pulsa tampaknya masih menjadi pilihan favorit banyak orang. Penyebabnya adalah karena pulsa sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Selain itu, membuka usaha konter pulsa bisa dilakukan meskipun hanya memiliki modal Rp 5 jutaan. Usaha ini cocok apabila tempat tinggal Anda dekat dengan pemukiman padat, kampus maupun sekolah yang selalu ramai. Anda cukup menyediakan tempat jualan di teras maupun halaman rumah, atau bisa juga dipinggir jalan di depan rumah.

Selain berjualan pulsa, dengan modal Rp 5 jutaan Anda juga dapat menjual berbagai macam kartu perdana, paket data, dan eksesoris smartphone. Bila tidak memungkinkan membuka usaha di rumah karena sepi, Anda dapat mencari kios kecil dengan harga murah di tempat-tempat strategis dan ramai.

2. Membuka bisnis pakaian

Membuka Usaha dengan Modal 5 Jutaan Toko Pakaian

Pakaian merupakan kebutuhan primer yang dibutuhkan semua orang, karena itu membuka bisnis pakaian dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan modal sekitar Rp 5 jutaan Anda dapat memulai bisnis pakaian ini. Carilah supplier yang menawarkan harga murah agar nanti Anda dapat menjualnya dengan harga yang tidak terlalu mahal, pakaian murah dengan kualitas yang bagus akan mudah menarik pembeli.

Bagaimana cara menjualnya ? Ada 2 pilihan yang bisa ditempuh. Pertama, Anda dapat menjualnya dengan menawarkan ke tetangga, teman maupun kenalan. Kedua, memanfaatkan media sosial, banyak sekali grup-grup jual beli di facebook atau instagram yang bisa Anda manfaatkan. Bisa juga dengan menyewa kios murah di tempat yang strategis dan ramai, bila harga yang Anda tawarkan murah dan kualitasnya bagus maka tidak sulit untuk menjual dagangan Anda.

3. Berjualan jus buah

Membuka usaha dengan modal 5 jutaan | Jus buah adalah minuman yang disukai banyak orang karena termasuk minuman yang menyehatkan. Banyak jenis buah yang dapat digunakan sebagai bahan jus buah, seperti apel, jeruk, mangga, semangka, alpukat, buah naga, melon dan lainnya. Oleh sebab itu, berjualan jus buah merupakan peluang bagus yang bisa dimanfaatkan. Modal yang diperlukan untuk membuka bisnis jus buah ini termasuk minim.

Anda dapat membuka usaha jus buah hanya dengan modal Rp 5 jutaan saja. Peralatan, bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan adalah blender, pisau, plastik kemasan, gelas, gula, susu kental manis, serta buah-buahan. Untuk lokasi penjualan Anda dapat memanfaatkan teras maupun halaman rumah, bila tidak memungkinkan Anda dapat berjualan di pinggir jalan, di kantin-kantin kampus atau sekolah, atau menyewa kios di tempat strategis dan ramai.

Cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari pengusaha jus buah yang menawarkan paket kemitraan. Ada banyak tawaran kemitraan dengan modal Rp 5 jutaan, ada juga yang lebih murah lagi. Dengan cara ini Anda tinggal menjalankan usaha saja, karena perlengkapan dan booth biasanya sudah termasuk di dalam paket kemitraan.



4. Berjualan gorengan dan kue basah atau kering

Camilan seperti gorengan dan kue basah atau kering disukai oleh banyak orang. Ini merupakan peluang usaha yang bisa Anda ambil untuk membuka usaha. Apabila Anda memiliki kemampuan memasak dan membuat kue, maka usaha ini sangat cocok. Dengan modal Rp 5 jutaan Anda sudah bisa memulai usaha ini. Perlengkapan yang dibutuhkan adalah peralatan menggoreng, peralatan membuat kue, serta bahan baku lainnya.

Anda dapat menjadikan teras atau halaman rumah sebagai tempat berjualan. Selain itu bisa juga dengan mendirikan tenda seserhana di tempat-tempat ramai, atau menyewa kios sederhana. Untuk kue basah atau kering, bila tidak bisa membuat sendiri Anda dapat mencari produsen kue yang menawarkan harga murah, kemudian Anda bisa menjualnya kembali. Membuka usaha dengan modal 5 jutaan.

5. Membuka jasa laundry

Membuka Usaha dengan Modal 5 Jutaan Jasa Laundry

Ditengah kesibukan yang padat banyak orang yang tidak sempat mencuci pakaiannya sendiri, hal ini biasanya dialami oleh mahasiswa dan karyawan. Peluang usaha jasa laundry masih cukup besar karena saat ini gaya hidup praktis dan modern mulai diterapkan. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka jasa cuci laundry. Dengan modal Rp 5 jutaan Anda dapat membeli 1-2 unit mesin cuci baru. Apabila membutuhkan unit lebih banyak Anda dapat mengakalinya dengan membeli mesin cuci bekas. Namun Anda harus cermat dan teliti bila membeli mesin cuci bekas, jangan sampai kualitasnya buruk karena dapat merugikan Anda nantinya.





Semoga artikel Membuka Usaha dengan Modal 5 Jutaan di atas dapat menjadi inspirasi dan referensi bagi Anda yang ingin membuka usaha namun memiliki modal minim. Beberapa poin usaha pada artikel di atas kami kutip dari situs Cermati.com . Terimakasih atas kunjungannya dan Salam Sukses.



Total: 0 voters

Leave a Comment