Inilah Alasan Mengapa Bungkus Makanan Ringan Banyak “Angin-nya”


Ketika membeli makanan ringan di minimarket atau supermarket, kita akan menjumpai bungkus / kemasan yang melembung berisi banyak udara. Bisa dibilang hampir semua merek makanan ringan yang dijual saat ini, setengah isi kemasannya adalah udara.

Kira-kira apa ya alasan produsen makanan ringan tersebut mengisi banyak udara ke dalamnya? Apakah supaya kemasan tampak besar dan berisi, sehingga menarik minat konsumen untuk membeli?

Nah, agar tidak salah persepsi silahkan simak alasan ilmiahnya berikut ini. Ulasan pada artikel ini dilansir dari laman Reader’s Digest.



Alasan ilmiah mengapa bungkus makanan ringan diisi udara

Mengapa bungkus makanan ringan diisi udara

Pada industri manufaktur terdapat istilah “slack fill” atau ruang kosong yang sengaja ditempatkan di dalam kemasan produk makanan ringan (seperti keripik kentang, keripik singkong, dan lainnya). Ruang kosong ini nantinya akan diisi udara. Udara yang dimaksud disini bukanlah udara biasa, tapi gas nitrogen.

Lalu apa fungsinya?

Pertama, ruang kosong berisi udara ini digunakan untuk melindungi makanan ringan agar tidak rusak saat pendistribusian. Seperti yang kita ketahui, proses distribusi suatu produk sangatlah panjang. Produk makanan bisa mengalami guncangan dan tekanan kuat. Bila tidak diisi udara, bisa dipastikan kemasan akan kempes, dan makanan didalamnya mudah hancur.

Kedua, gas nitrogen yang diisikan kedalam kemasan akan berfungsi sebagai gas pengawet. Sehingga kualitas keripik kentang atau makanan lainnya terjaga, tetap segar dan nikmat.

Pada tahun 1994, ilmuwan melakukan penelitian dan menemukan bahwa mengisi gas nitrogen pada kemasan keripik kentang tidak hanya membuat-nya menjadi tahan lama, tapi juga membuat rasa-nya lebih enak.

Gas nitrogen adalah gas alami dan tidak berbahaya bagi manusia. Jadi Anda tidak perlu khawatir bila mengonsumsi makanan ringan berisi nitrogen didalamnya.

Baca juga: Awas, Jangan Mencuci 5 Bahan Makanan ini Sebelum Memasak


Cara mengetahui berat bersih makanan ringan

Semua produsen makanan ringan diwajibkan untuk mencantumkan berat bersih pada kemasannya. Ini dilakukan untuk menghindari ketidakjujuran dan melindungi hak konsumen.

Sebelum membeli, ada baiknya Anda melihat terlebih dahulu berat bersih yang tercantum, dengan begitu Anda bisa membandingkan antara isi dengan ukuran kemasan. Meskipun ukuran kemasannya besar, belum tentu isi-nya banyak. Bila perlu bandingkan dengan merek lain.

Baca juga: Berapa Lama Daging Bisa Disimpan Di Kulkas ? Yuk Cari Tahu Disini


Total: 3 voters

Comments(2)

  1. 01/08/2018

Leave a Comment