10 Tanda dan Gejala Penyakit Kanker yang Harus Diwaspadai


Tanda dan Gejala Penyakit Kanker | Penyakit kanker adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Kanker merupakan penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan tidak normal pada sel-sel sehat di dalam jaringan tubuh menjadi sel-sel jahat. Bila tidak segera ditangani sel-sel jahat ini akan menyerang ke seluruh bagian tubuh dan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu sangat penting bagi setiap orang untuk selalu waspada dengan penyakit kanker ini.

Menjaga pola makan dan hidup sehat merupakan cara paling ampuh untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Banyak sekali faktor disekitar kita yang dapat memicu kanker seperti asap rokok, makanan tidak sehat, paparan sinar matahari, keturunan, dan akibat penyakit.



Setiap orang di dunia pasti memiliki resiko terkena penyakit kanker dan sebagian besar orang baru sadar dirinya terkena kanker setelah penyakit ini memasuki stadium yang cukup parah. Hal ini terjadi karena banyak orang yang belum tahu dan memahami cara mendeteksi kanker sejak dini. Saat kondisi kanker sudah parah maka pengobatan yang bisa diberikan kepada pasien sudah sangat terbatas.

Tanda dan Gejala Penyakit Kanker

Untuk menghindari hal diatas, ada baiknya bila Anda mengetahui dan memahami apa saja gejala awal dari penyakit kanker ini. Bila mengalami gejala-gejala tersebut Anda patut curiga, jangan-jangan ada kanker yang diam-diam menggerogoti tubuh Anda, dan segeralah memeriksakan diri ke dokter. Dibawah ini adalah beberapa tanda dan gejala penyakit kanker yang harus Anda ketahui. Selamat membaca.

10 Tanda dan Gejala Penyakit Kanker yang Harus Diwaspadai

1. Tubuh terasa lelah terus menerus

Rasa lelah yang berkepanjangan merupakan salah satu tanda dan gejala dari penyakit kanker. Bila tubuh Anda terasa lelah terus menerus meskipun sudah cukup beristirahat maka perlu diwaspadai bahwa ada sel kanker di dalam tubuh. Rasa lelah ini muncul meskipun Anda hanya melakukan aktivitas yang ringan, padahal aktivitas tersebut rutin dilakukan dan sebelumnya tidak ada masalah apapun.  Jenis kanker dengan gejala ini cukup banyak, seperti kanker hati, kanker paru-paru, dan kanker usus. Segera konsultasikan dengan dokter untuk menghindari resiko buruk yang mungkin terjadi.

2. Berat badan turus secara drastis

Bila berat badan Anda mengalami penurunan secara drastis tanpa disertai gangguan dan keluhan pada tubuh, maka hal ini patut diwaspadai karena ada kemungkinan ada sel kanker di dalam tubuh Anda. Ada 3 jenis kanker yang memiliki gejala awal seperti ini yaitu kanker paru-paru, kanker perut, dan kanker pankreas. Penderita kanker jenis ini biasanya kehilangan berat badan secara signifikan, misalnya 4-5 kilogram dalam waktu yang sangat singkat.

3. Mengalami demam berkepanjangan

Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Demam

Tanda dan gejala penyakit kanker ini biasanya terjadi apabila seseorang terkena kanker darah. Orang tersebut akan mengalami demam dalam waktu yang panjang. Deman ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan, akibatnya virus menyerang dengan bebas. Bila mengalami gejala ini, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan medis.

Baca juga: Manfaat Telur untuk Mencegah Penyakit Stroke dan Kardiovaskular

4. Mengalami perubahan pada bagian payudara

Khusus untuk wanita apabila mengalami perubahan dan gejala aneh di bagian payudara maka patut dicurigai adanya kanker. Gejala yang muncul biasanya adalah terdapat benjolan keras tapi tidak menyakitkan dengan tepian yang tidak teratur. Gejala lainnya adalah kulit payudara atau puting jadi menebal, bersisik, kemerahan, gatal, beruam, dan pada stadium lanjut kulit pada payudara tampak seperti kulit jeruk. Apabila mengalami gejala ini segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

5. Terjadi perubahan pada kulit



Waspadai perubahan yang terjadi pada kulit Anda karena hal ini adalah salah satu tanda dan gejala kanker kulit. Perubahan yang dimaksud adalah seperti penggelapan warna kulit, muncul memar tanpa sebab yang jelas, gatal-gatal, kulit kemerahan, adanya benjolan, tumbuhnya rambut yang tidak wajar, dan lainnya. Setiap orang memiliki perubahan kulit yang berbeda-beda, untuk itu segera periksakan kondisi kulit ke dokter apabila muncul gejala-gejala tersebut.

6. Muncul rasa nyeri berkepanjangan dibagian tubuh tertentu

Rasa nyeri berkepanjangan biasanya terjadi apabila seseorang menderita penyakit kanker. Misalnya rasa nyeri dibagian kepala maka ada kemungkinan orang tersebut terkena kanker otak, dan nyeri pada bagian dada bila terkena kanker paru-paru. Begitu pula rasa nyeri yang muncul di bagian tubuh tertentu. Segera konsultasikan ke dokter apabila anda mengalami tanda dan gejala penyakit kanker ini agar segera mendapatkan penanganan medis yang tepat.

7. Batuk berkepanjangan disertai darah

Batuk berkepanjangan dan disertai dengan darah adalah tanda dan gejala awal dari penyakit kanker paru-patu. Batuk ini biasanya menyerang selama lebih dari 4-5 minggu. Apabila mengalami gejala ini segera konsultasikan ke dokter agar segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Menghindari asap rokok adalah salah satu cara untuk menekan resiko terkena penyakit kanker paru-paru.

8. Terjadi perubahan pada bagian mulut dan sekitarnya

Tanda dan gejala penyakit kanker ini muncul apabila seseorang terkena kanker mulut. Perokok aktif paling rentan terkena kanker ini. Perubahan yang muncul adalah bercak kemerahan pada area mulut dan lidah. Bercak yang disebut dengan leokoplakia ini biasanya berwarna putih, penyebabnya adalah iritasi yang terjadi secara berulang pada area tersebut. Umumnya, penyebab utamanya adalah rokok atau pipa rokok.




9. Tenggorokan terasa sakit saat menelan makanan dan minuman

Penyakit kanker yang diawali dengan gejala ini adalah kanker tenggorokan dan kanker perut. Pada kanker tenggorokan biasanya penderita mengalami rasa sakit dan sulit menelan makanan maupun minuman. Sama halnya dengan penderita kanker perut yang mengalami sakit pada tenggorokan dan diperparah dengan muntah. Agar tidak semakin parah, segera hubungi dokter terdekat untuk menjalani pemeriksaan dan pengobatan.

Baca juga: 6 Penyakit ini Mengintai Anda yang Suka Begadang

10. Sulit buang air kecil dan besar (BAB)

Tanda dan gejala penyakit kanker ini muncul pada orang yang terkena kanker prostat, kanker ginjal, kanker kandung kemih dan kanker usus. Sulit buang air kecil ini dapat disertai rasa sakit terutama pada penderita kanker. Pada penderita kanker usus biasanya ditunjukkan dengan gejala diare atau bahkan adanya darah pada tinja. Apabila mengalami gejala ini segera konsultasikan ke dokter agar segera mendapatkan penanganan medis yang tepat.


Artikel 10 Tanda dan Gejala Penyakit Kanker di atas kami rangku dari banyak sumber. Untuk informasi yang akurat segera hubungi ahli medis apabila mengalami gejala kanker di atas. Semoga bermanfaat. Salam sukses.





Total: 0 voters

No Responses

Leave a Comment