Tips Aman Agar Password Tidak Mudah Dibobol Hacker


Tips Aman Agar Password Tidak Mudah Dibobol Hacker | Beberapa waktu terakhir, keamanan siber telah menarik perhatian dunia. Bukan hanya para perusahaan saja yang harus menyiapkan sistem penangkal hacker, pengguna internet pun harus bisa melindungi akun mereka dari aksi peretasan.





 

Keamanan password saat menggunakan internet juga perlu untuk dijaga. Menurut Charles Henderson, Global Managing Partner IBM X-Force Red, penerapan password sebagai pelindung sebuah akun sejatinya merupakan ide yang buruk. Walaupun sampai sekarang sistem ini masih digunakan.

Namun, bukan berarti tidak ada cara untuk memaksimalkan fungsi dari password sebagai sistem keamanan sebuah akun. Salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah jumlah karakter yang digunakan.

Menurut Henderson, semakin panjang sebuah password, maka makin sulit untuk diretas. Meski tidak ada password yang benar-benar tidak bisa diretas, penggunaan karakter yang banyak akan meminimalisir potensi terjadinya keamanan siber. Hal tersebut dikarenakan para hacker membutuhkan waktu yang lebih lama untuk meretas password dengan karakter yang banyak.

Tips Aman Agar Password Tidak Mudah Dibobol Hacker

Hacker. (Foto: Internet)

Jika bicara mengenai password, penambahan lapisan keamanan bisa dibilang sebagai pilihan terbaik. Banyak situs dan platform, terutama dari perbankan, memberikan kode khusus lewat ponsel untuk masuk atau lewat pemindai sidik jari dan wajah.

Baca juga: Google Kerjasama dengan Pentagon, Karyawan Ngambek

Menurut Henderson, penambahan lapisan keamanan tersebut akan menyulitkan hacker untuk meretas akun atau rekening milik user. Meskipun mereka sudah mengetahui password milik user, para pelaku kejahatan siber masih akan disulitkan dengan kode khusus atau informasi biometrik tersebut.

Sementara Caleb Barlow, Vice President, IBMSecurity, menyarankan kepada user agar tidak menerapkan password yang sama terhadap rekening bank, email, dan media sosial.

Sumber: Detikinet







Total: 0 voters
Tags: ,

No Responses

Leave a Comment