7 Tips Mengatasi Rasa Jenuh dan Stres di Kantor


Tips Mengatasi Rasa Jenuh dan Stres di Kantor | Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan di kantor dapat membuat kita merasa jenuh dan stres. Bila terus berlarut-larut, rasa jenuh dan stres ini membuat semangat kerja dan produktivitas menurun. Selain banyaknya pekerjaan, rasa jenuh dan stres ini dapat muncul akibat rasa bosan saat berada di kantor.

Tips Mengatasi Rasa Jenuh dan Stres di Kantor Kopi Hangat

Untuk mengobati rasa jenuh dan stres biasanya seseorang akan pergi berlibur atau jalan-jalan ke mall saat akhir pekan. Sebenarnya ada cara mudah yang dapat kita lakukan ketika rasa jenuh dan stres menyerang saat jam kantor, cara ini tidak membuang banyak waktu karena bisa dilakukan sekitar 10-15 menit saja. Lalu apa saja cara tersebut ? Mari kita simak ulasan singkat di bawah ini. Selamat membaca.

7 Tips Mengatasi Rasa Jenuh dan Stres di Kantor

1. Membuat secangkir minuman hangat

Saat merasa jenuh dan stres di kantor cobalah meluangkan waktu sebentar untuk membuat secangkir minuman hangat. Anda bisa membuat teh manis hangat, kopi maupun coklat hangat. Minuman hangat ini dapat membuat Anda lebih rileks. Pastikan minuman hangat ini diletakkan ditempat aman yang jauh dari laptop, komputer, dan berkas-berkas penting agar tidak mengganggu pekerjaan. Untuk hasil yang sempurna, coba tambahkan satu sendok madu murni ke dalam teh hangat.

2. Baca berita dan artikel yang menarik

Membaca hal-hal yang menarik dapat menghilangkan rasa jenuh dan stres saat bekerja di kantor. Luangkanlah waktu 10 menit untuk membaca artikel-artikel yang menarik menurut Anda. Sebaiknya pilih artikel dengan tema santai seperti lifestyle, kesehatan, kecantikan, dan humor. Artikel berita seperti ini banyak tersedia di media online seperti Kompas dan lainnya. Selain dapat mentralkan pikiran, artikel ini juga bisa menambah wawasan Anda.

3. Berolahraga ringan



Tips mengatasi rasa jenuh dan stres di kantor selanjutnya adalah dengan berolahraga ringan. Melakukan olahraga ringan dapat membantu menghilangkan rasa jenuh dan stres karena otot-otot yang kaku akibat bekerja dapat menjadi lebih rileks. Jenis olahraga yang dapat Anda pilih adalah yoga ringan, karena olahraga ini dapat dilakukan dengan tetap berada di kursi. Apabila Anda tidak pernah melakukan yoga ringan, coba bukalah youtube dan cari tutorial tentag cara melakukan yoga ringan. Selain yoga ringan, Anda dapat melakukan peregangan sederhana pada tangan, kaki dan leher. Mudah bukan ? Selamat mencoba.

4. Menghubungi orang terdekat yang Anda sayangi

Untuk mengurangi rasa bosan akibat banyaknya pekerjaan. Anda dapat menghubungi orang terdekat seperti ayah dan ibu, istri, maupun teman dekat. Luangkanlah waktu sejenak menghubungi mereka untuk menanyakan kabar atau sekedar bercanda ringan di telepon. Dengan cara ini Anda akan menjadi lebih rileks, rasa jenuh dan stres akan hilang seketika. Namun yag perlu diingat, jangan terlalu lama menelepon mereka, karena bisa-bisa pekerjaan Anda jadi terbengkalai dan produktivitas menurun.

5. Mengobrol sebentar dengan teman kantor

Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan rasa jenuh dan stres saat berada dikantor. Dengan mengobrol pikiran akan menjadi tenang dan rileks. Anda dapat meluangkan waktu sebentar dan pastikan terlebih dahulu apakah Anda mengganggu pekerjaan mereka atau tidak. Hindari membicarakan kejelekan orang lain saat mengobrol agar tidak menimbulkan perselisihan dan permusuhan. Lebih baik ceritakan pengalaman-pengalaman menarik Anda kepada mereka, atau mengajak mereka bertukar pikiran tentang hobi dan topik tertentu yang sedang hangat.




6. Menata ulang meja kerja

Bila Anda merasa jenuh dan stres saat bekerja, cobalah menata ulang meja kerja agar tidak tampak membosankan. Cara ini cukup efektif karena tatanan meja kerja yang baru dapat membuat Anda rileks dan tidak bosan. Bila perlu tambahkan hiasan-hiasan baru pada meja kerja Anda. Pilihlah hiasan yang tidak mengganggu atau membahayakan komputer, laptop, maupun berkas pekerjaan. Agar meja kerja selalu nyaman setiap saat, rajinlah membersihkannya.

Baca juga: 5 Tips Agar Barang Bawaan Tidak Hilang Saat Pergi Liburan

7. Membuka media sosial

Tips Mengatasi Rasa Jenuh dan Stres di Kantor Media Sosial

Saat Anda merasa bosan, jenuh atau stres karena pekerjaan di kantor, cobalah luangkan waktu sebentar untuk membuka media sosial seperti facebook, instagram, ataupun youtube. Anda dapat berinteraksi dengan orang lain lewat media sosial ini, atau hanya sekedar melihat gambar-gambar dan video lucu. Meskipun cara ini cukup efektif dan menyenangkan, jangan lakukan lebih dari 10 menit agar pekerjaan tidak terbengkalai. Jangan sampai atasan kecewa dengan pekerjaan Anda.


Semoga artikel mengenai Tips Mengatasi Rasa Jenuh dan Stres di Kantor di atas dapat menjadi inspirasi untuk Anda yang sering merasa bosan saat berada di kantor. Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses.





Total: 0 voters
Tags:

Leave a Comment