15 Tips Menghasilkan Uang Miliaran Lewat Youtube untuk Pemula dan Profesional


YouTube merupakan platform berbagi video terpopuler di dunia saat ini. Sejak diluncurkan pada tahun 2005 lalu, YouTube telah menghasilkan banyak jutawan. Penghasilan tertinggi yang dihasilkan YouTubers adalah sebanyak $ 16,5 juta atau sekitar Rp 222 miliar (menurut Forbes tahun 2017).

Anda yang ingin sukses menghasilkan uang dari YouTube dapat mempelajari 15 tips menghasilkan uang lewat youtube untuk pemula yang akan kami bahas di artikel ini. Tips ini kami rangkum berdasarkan ide para profesional yang ahli dibidang online marketing khususnya YouTube.



Silahkan simak daftar isi di bawah ini terlebih dahulu. Selamat membaca.

Tips menghasilkan uang lewat YouTube untuk pemula

Cobalah membuat video yang minim persaingan

Untuk memenangkan persaingan di YouTube, cobalah untuk membuat video dengan topik yang lebih spesifik. Apabila Anda membuat video yang sudah umum, maka video tersebut akan sulit berada didaftar teratas, karena banyaknya video dengan topik sama yang lebih dulu ada.

Carilah ide dan topik video yang menarik dan belum banyak pesaingnya. Sebagai contoh, bila Anda membuat video tentang review teknologi dan gadget, maka bisa dipastikan video Anda akan banyak pesaingnya. Tapi, bila Anda membuat video mengenai “aplikasi yang bisa membuat Anda jenius” maka ada peluang video tersebut akan berada di daftar teratas karena pesaingnya lebih sedikit.

Konsisten dengan video yang Anda buat

Agar Anda bisa sukses menghasilkan uang di YouTube, Anda harus konsisten dalam membuat video sesuai dengan topik yang Anda pilih. Buatlah video berkualitas tinggi minimal 1 dalam seminggu. Bila Anda konsisten melakukan ini, maka jumlah video berkualitas di channel Anda akan semakin banyak. Dengan banyaknya video yang ada, maka channel Anda akan muncul di banyak jenis pencarian. Jumlah viewer channel Anda akan meningkat tajam, dan uangpun akan mengalir deras ke kantong Anda.

Fokuslah pada sesuatu yang Anda sukai

Menurut Iker Calderon, Direktur dari Fenomeno Studios, YouTube sama seperti bisnis lainnya. Anda harus gigih dan mampu menghadirkan sesuatu yang baru. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat video dengan topik yang Anda sukai. Kemaslah video tersebut dengan cara unik dan menarik yang bermanfaat dan dicari banyak orang.

Iker Calderon menambahkan, bila tujuan awal Anda adalah menghasilkan uang dari YouTube, maka hal itu adalah sebuah kesalahan. Lebih baik Anda fokus berusaha membuat banyak video yang Anda sukai terlebih dahulu. Suatu saat kerja keras Anda akan terbayarkan dan uang akan mengalir dengan sendirinya.

Jangan mencuri video dan melanggar hak cipta orang lain



Ini adalah poin paling krusial, bila Anda ingin sukses menghasilkan banyak uang lewat YouTube maka jangan pernah mencuri dan mengedit video dari channel milik orang lain. Bila Anda melakukan hal ini, maka viewer akan menganggap channel Anda hanyalah plagiat dan tidak memiliki konten original.

Jangan pernah meng-upload video yang memiliki hak cipta tanpa ijin pemiliknya, karena YouTube akan memberikan peringatan. Apabila ini terus Anda lakukan, maka video tersebut akan dihapus dan channel Anda akan ditutup secara paksa.

Sebisa mungkin buatlah video original karya Anda sendiri. Bila masih pemula, asahlah kemampuan Anda dalam membuat video terus menerus, pelajari channel-channel yang lebih dulu sukses di YouTube lalu terapkan dengan cara Anda sendiri.

Upload satu video per minggu

Agar video yang ada di channel Anda semakin banyak, upload lah video berkualitas minimal 1 atau 2 per minggu. Sebagian dari Anda mungkin berpikir untuk upload video setiap hari, namun cara ini kurang efektif karena akan membuat bingung subscriber. Lagipula, bila Anda masih pemula, untuk membuat video berkualitas hanya dalam waktu sehari akan terasa sulit.

Selain upload video secara terjadwal dan konsisten, jangan lupa untuk menanggapi setiap komentar yang diberikan viewer. Dengan cara ini Anda dapat membangun hubungan baik dengan viewer dan membuat mereka betah menjadi subscriber Anda.

Untuk bisa melakukan tips pada poin ini, Anda harus gigih dan bekerja keras. Ingat, tidak ada yang bisa mendapat satu juta pengikut dan viewer hanya dalam semalam.

Mulailah dengan kamera dan perlengkapan sederhana

Untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube maka Anda harus memiliki kamera untuk merekam video. Bila tidak memiliki banyak dana, Anda tidak harus memiliki kamera canggih dengan harga selangit.

Kamera yang ada di smartphone-pun bisa Anda gunakan. Untuk menghasilkan video yang bagus melalui kamera smartphone, triknya terdapat pada pencahayaan. Karena itu cari informasi mengenai pengaturan pencahayaan dalam membuat video, pelajari dan praktekkan.

Bila Anda sudah menguasainya, maka Anda dapat dengan mudah membuat video yang bagus menggunakan kamera smartphone. Setelah memiliki cukup dana, Anda dapat membeli kamera digital dan perlengkapan pendukung lainnya.

Buatlah video tutorial tentang keahlian yang Anda kuasai

Jika memiliki keahlian dalam bidang tertentu, Anda dapat membuat video tutorial tentang keahlian tersebut. Video tutorial tentang keahlian tertentu biasanya dicari oleh banyak orang di YouTube. Contoh bidang keahlian yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dari YouTube antara lain Desain Grafis, Teknik Photography, Otomotif, Tukang Kayu, Teknik Pemasaran Online, dan lainnya.

Buatlah variasi video dengan durasi panjang dan pendek. Dengan variasi ini subscriber Anda tidak akan merasa cepat bosan, karena ada viewer yang tidak menyukai video berdurasi panjang, namun beberapa juga tidak menyukai bila durasi terlalu pendek.

Saat subscriber Anda sudah mencapai ribuan atau puluhan ribu, untuk menambah penghasilan Anda dapat memanfaatkannya untuk membuka kursus atau pelatihan online tentang keahlian Anda tersebut. Bisa juga dengan menjual video tutorial premium kepada subscriber Anda. Tentu saja video premium ini memiliki kualitas dengan tutorial yang lebih udah dipahami.

Menjadi Freelance Video Creator / Editor

Untuk menghasilkan uang melalui YouTube Anda tidak harus tampil di depan kamera. Ada peluang mendapatkan penghasilan dari belakang layar, yaitu dengan menjadi video creator dan editor video freelance. Cara ini mirip dengan ghostwriting yaitu Anda membuat konten (dalam kasus ini video) sesuai dengan persyaratan dan kriteria yang diminta klien, kemudian klien akan memposting video yang Anda buat dengan nama mereka.

Klien ini biasanya mempekerjakan video creator agar channel mereka bisa selalu update ditengah kesibukan pekerjaan. Mereka juga mau membayar mahal untuk video-video berkualitas yang Anda buat.

Menjadi pengelola channel YouTube

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang cara me-manage channel YouTube dan cara menggunakan berbagai fitur didalamnya, Anda dapat bekerja sebagai pengelola akun milik orang lain. YouTube telah menambahkan fitur di mana satu akun dapat dikelola oleh beberapa orang.

Buatlah sebuah kesepakatan dengan pemilik akun, Anda dapat bekerja sebagai pengunggah video, menanggapi dan meninggalkan komentar, memikirkan ide dan judul video, menulis deskripsi video dan menyertakan tautan, atau mempromosikan video di berbagai platform media sosial.

Tips penting lainnya

Iker Calderon, Direktur dari Fenomeno Studios, memberikan tips-tips dasar yang dapat Anda ikuti agar sukses di YouTube. Anda yang masih pemula wajib memperhatikan poin-poin berikut ini:

  • Buatlah profil dan channel yang unik dan menarik.
  • Buatlah slogan atau kata pembuka yang dapat dijadikan sebagai ciri khas channel Anda.
  • Ajaklah viewer agar mau berlangganan / men-subscribe channel Anda.
  • Cobalah bekerjasama / berkolaborasi dengan YouTubers lainnya.
  • Buatlah konten berdasarkan komentar dan permintaan yang ditulis subsriber Anda.
  • Buatlah judul yang menarik untuk video yang Anda unggah.
  • Selalu siapkan gambar thumbnail unik untuk menarik viewer.
  • Tulis deskripsi video, jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek.
  • Poin paling penting: Buatlah video dan audio sebagus mungkin.




Menambah penghasilan dari YouTube (Profesional)

Menjadi mitra YouTube

Bila channel Anda memiliki reputasi dan banyak subscriber, Anda dapat bergabung dengan YouTube Partner. Dengan mengikuti program ini berarti Anda mengijinkan YouTube untuk menempatkan iklan di dalam dan di sekitar konten video Anda. Selanjutnya akan akan mendapatkan komisi dari penayangan iklan tersebut.

Untuk bergabung dengan YouTube Partner, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu persyaratan yang dibutuhkan. Carilah informasi mengenai YouTube Partner di Google. Atau silahkan baca artikel berikut ini.

Lisensikan video Anda

Anda dapat mendapatkan penghasilan tambahan bila Anda melisensikan video buatan Anda. Bila video Anda memiliki lisensi maka karya video tersebut akan dilindungi hak cipta. Ketika ada seseorang yang ingin mendownload, mengedit, atau mendistribusikan video tersebut, maka orang tersebut wajib meminta ijin kepada Anda sebagai pemilik sah.

Anda dapat mengenakan biaya royalty kepada orang tersebut bila dia ingin memanfaatkan video Anda. Untuk lebih memahami silahkan lihat artikel berikut ini.

Promosikan situs Web E-commerce Anda melalui video

YouTube adalah salah satu cara paling efektif dan termurah untuk memasarkan produk di toko online atau e-commerce milik Anda. Buatlah video review tentang kelebihan produk yang Anda jual, lalu upload di channel YouTube agar viewer tahu produk seperti apa yang Anda jual.

Dengan melakukan promosi melalui video YouTube ini akan meningkatkan penjualan produk di toko online milik Anda.

Dapatkan penghasilan tambahan melalui Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah salah satu cara mendapatkan tambahan uang dari YouTube. Anda akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk yang berasal dari link affiliasi yang Anda pasang di deskripsi video. Cara ini lebih efektif bila jumlah subscriber Anda berada diangka ratusan ribu.

Selain itu Anda juga bisa mendapat tambahan uang dengan cara menawarkan jasa untuk mengulas suatu produk di dalam video yang Anda buat.

Jadikan channel Anda sebagai Brand / Merek

Salah satu channel YouTube yang bisa dijadikan contoh adalah guru kebugaran Cassey Ho. Dia mampu mengubah channel Blogilates miliknya menjadi sebuah Brand / Merek lalu menjual bermacam-macam merchandise seperti tas olahraga, botol olahraga, dan perangkat olahraga lainnya.

Setelah memiliki banyak subscriber dan reputasi di dunia YouTube, Anda dapat menjadikan channel Anda sebagai merek pribadi. Lalu buatlah merchandise dengan merek pribadi seperti kemeja, mug, payung, atau barang-barang yang sesuai dengan niche channel YouTube Anda.

Uang Dollar Dari Youtube

10 YouTubers dengan penghasilan tertinggi tahun 2017 (Forbes)

Daniel Middleton (DanTDM)

YouTuber satu ini sukses meraih jutaan dollar melalui video yang fokus pada game “Minecraft”. Channel miliknya yang bertajuk “DanTDM” telah memiliki 19 juta subscriber (per Juli 2018). Selama satu tahun Daniel Middleton bisa menghasilkan uang sebesar 16,5 juta dollar AS atau Rp 222 miliar.

Evan Fong (VanossGaming)

Evan Fong alias “VanossGaming”, adalah YouTuber asal Kanada yang fokus pada sektor game. Evan Fong sering mengunggah video komedi yang memperlihatkan reaksiya ketika bermain video game. Ia memiliki subscriber sebanyak 23 Juta (per Juli 2018). Penghasilannya yang ia dapatkan selama setahun mencapai 15,5 juta dollar AS atau Rp 209 miliar.

Cory Cotton dan Cobby Cotton (Dude Perfect)

Dude Perfect merupakan channel di YouTube yang memperlihatkan trik dan tips olahraga dengan balutan komedi. Pemiliknya Cory Cotton dan Cobby Cotton merupakan saudara kembar. Jumlah subscriber mereka berjumlah 31 juta (per Juli 2018). Dalam setahun mereka mampu menghasilkan 14 juta dollar AS atau Rp 189 miliar.

Logan Paul

Logan Paul Vlogs saat ini memiliki jumlah subscriber sebanyak 17 juta (per Juli 2018). Dia merupakan kakak dari aktor sekaligus YouTuber terkenal Jake Paul. Channel miliknya berisi tentang vlog sehari-hari yang dibumbui dengan nuansa komedi. Penghasilannya mencapai 12,5 juta dollar AS atau Rp 168 miliar setahun.

Mark Fischbach (Markiplier)

YouTuber ini memiliki jumlah subscriber sebanyak 20 juta (per Juli 2018). Channel “Markiplier” miliknya berisi video-video game yang dibawakan dengan gaya energik. Mark Fischbach mampu meraup pendapatan sebesar 12,5 juta dolar AS atau Rp 168 miliar setahun.

Felix Kjellberg (PewDiePie)

YouTuber asal Swedia ini memiliki jumlah subscriber cukup fantastis, yaitu 63 juta (per Juli 2018). Felix kerap berteriak keras saat memainkan game dan sering mengeluarkan guyonan yang menggelitik. Awal 2017 Felix tersandung masalah karena konten videonya dianggap mengandung unsur tak layak. Akibatnya pihak YouTube berhenti bekerjasama dengannya. Penghasilan Felix selama setahun mencapai 12 juta dollar AS atau Rp 162 miliar.

Jake Paul

Jake Paul merupakan saudara dari YouTuber Logan Paul yang sudah dibahas di atas. Jake Paul memiliki jumlah subscriber sebanyak 15 juta (per Juli 2018). Video yang ia unggah cukup beragam, mulai dari konten komedi, musik, hingga hal-hal menyangkut pop-culture. Penghasilan setahun yang diperolehnya mencapai 11,5 juta dollar AS atau Rp 155 miliar.

Smosh

Akun YouTube kolektif ini awalnya didirikan oleh Ian Hecox dan Anthony Padillan, namun pada Juni 2017 Anthony meninggalkan Smosh dan membuat akun YouTube sendiri. Smosh merupakan salah satu perintis video komedi di YouTube yang memparodikan video game dan pop-culture. Saat ini jumlah subscribernya mencapai 23 juta (per Juli 2018). Penghasilan yang diraup Smosh pertahun adalah sekitar 11 juta dollar AS atau Rp 148 miliar.

Ryan Toys Review

Channel YouTube ini adalah milik seorang bocah, saat artikel ini ditulis masih ia masih berusia 7 tahun. Akun ini berisi video tentang review mainan anak-anak. Jumlah subscribernya mencapai 14 juta (per Juli 2018). Penghasilan pertahunnya mencapai 11 juta dollar AS atau Rp 148 miliar.

Lilly Singh (Superwoman)

Channel YouTube ini memiliki subscriber sebanyak 13 juta (per Juli 2018). Channel ini berisi berbagai macam konten seperti sketsa komedi, video musik, hingga film berjudul Trip to Island Unicorn. Penghasilan pertahunnya mencapai 10,5 juta dollar AS atau Rp 141,8 miliar.

Artikel ini kami rangkum dari berbagai sumber berbahasa Inggris dan Indonesia. Artikel 15 tips menghasilkan uang lewat youtube untuk pemula dan profesional ini masih jauh dari kata sempurna. Beberapa poin tips di atas mungkin terdapat pro dan kontra untuk sebagian pembaca. Untuk itu bagi pembaca yang memiliki saran dan kritik silahkan tulis di komentar. Terimakasih semoga bermanfaat.






Total: 0 voters

Comments(4)

  1. 03/07/2018
  2. 03/07/2018
    • 10/07/2018

Leave a Comment